Forum Kepsek Minta Dana BPMU Dicairkan

BANDUNG— Ratusan kepala sekolah yang tergabung Forum Kepala Sekolah Swasta (FKSS) Jabar menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung Sate. Mereka menuntut agar Pemprov Jabar segera mencairkan dana Bantuan Pendidikan Menengah Universal (BPMU).

Pedemo membawa berbagai spanduk berisikan sejumlah tuntutan. “Kami mendesak agar BPMU segera disalurkan. Karena tahun sebelumnya lancar tapi sekarang jadi tidak lancar,” kata koordinator aksi, Ade Hendrian, yang juga kepala SMA Guna Dharma Kota Bandung, di sela-sela demonstrasi, kemarin (5/11).

Ade mengungkapkan BPMU dari Pemprov Jabar harusnya cair pada November 2018. BPMU merupakan bantuan yang diberikan Pemprov kepada siswa yang ada di sekolah 4.725 sekolah swasta yang ada di Jabar.

Untuk besarannya mulai Rp 500 ribu sampai Rp 700 ribu per siswa per tahun. Proses penyalurannya terbagi dalam dua tahap yaitu pada semester pertama dan dua yang harusnya cair November ini. “November harusnya sudah cair, karena ini sudah (memasuki) semester dua,” ucap Ade.

Keterlambatan pencairan dana BPMU ini berdampak pada operasional sekolah. Karena bantuan tersebut juga dialokasikan untuk membayar honor guru dan karyawan.

“Kan sekolahnya banyak yang digratiskan. Siswa tak mampu yang tidak tertampung di negeri, ditampung di sekolah swasta. Dengan iming-iming ada dana BOS dan BPMU. Kalau ini belum cair tentu berpengaruh ke operasional,” ujar Ade.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan