Virus Corona Bisa Hidup pada Peralatan Make up?

  • Whatsapp

RADARSUKABUMI.com – Pandemi virus corona menimbulkan pertanyaan tentang apakah aman untuk tetap terus menggunakan peralatan yang sama setiap hari, seperti makeup, jika seseorang khawatir terkena COVID-19.

“Ini adalah pertanyaan yang bagus,” kata Dr. William Schaffner, profesor kedokteran di Divisi Penyakit Menular di Universitas Vanderbilt Fakultas Kedokteran di Nashville, Tennessee, seperti dilansir laman Today, Minggu (31/5).

Bacaan Lainnya

“Respons pertama saya adalah jangan khawatir. Saya pikir risikonya, jika ada, pasti sangat rendah,” jelas Schaffner.

Schaffner mengatakan aman bagi wanita untuk terus menggunakan produk make up mereka sendiri, namun dia menambahkan ada “catatan kecil” yang perlu diikuti.

“Ini bukan waktunya untuk berbagi lipstik, maskara, bedak,” tambah Schaffner.

Faktor risiko tambahan dengan kosmetik adalah orang sering menggunakan tangan mereka untuk aplikasi make-up dan menerapkan produk di dekat mata, hidung dan mulut mereka.

Mencuci tangan sebelum merias wajah adalah salah satu praktik terbaik agar tetap aman.

Tetapi bagaimana dengan wadah plastik dan botol kaca yang yang menjadi tempat bedak bubuk, alas bedak, lipstik, dan kebutuhan kosmetik lainnya?

Sebuah studi April 2020 yang diterbitkan dalam The New England Journal of Medicine melaporkan coronavirus bisa hidup di permukaan plastik hingga 72 jam.

Jika Anda satu-satunya orang yang menggunakan produk Anda, desinfeksi rutin mungkin tidak diperlukan selama Anda secara konsisten mencuci tangan.

Bagi mereka yang memiliki gejala coronavirus atau dites positif, maka Anda tidak boleh berbagi makeup dengan siapa pun di sekitar Anda.(fny/jpnn/izo/rs)

Pos terkait

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *