Konten Ini Lebih Sering Diakses Pengguna Smartphone

RADARSUKABUMI.com – Berdasarkan data Cheetah Global Lab dan UC Media Lab dari UCWeb, bahwa pengguna ponsel pintar di Indonesia melewatkan rerata 1,2 jam setiap harinya untuk mengonsumsi konten hiburan. Di mana, dari total rataan konsumsi konten pada platform UC News Feed di Indonesia, hiburan jadi kategori paling populer dilanjutkan olahraga dan politik.

Mereka memberikan gambaran tentang kebiasaan pengguna smartphone di Indonesia, termasuk di dalamnya tren terbaru tentang konten di industri mobile entertainment, yaitu video berdurasi panjang, video pendek, berita, olahraga dan lain sebagainya.

Bacaan Lainnya

Hiburan menjadi kategori yang paling disukai di UC; masyarakat Indonesia sangat melek dengan gosip selebriti dengan 2,7 juta page views dari konsumsi top 5 berita selebriti.

Cheetah Data juga menunjukkan, rerata penetrasi aplikasi hiburan di Indonesia (termasuk olahraga) setinggi 81,45 persen dan rata-rata akses per hari selama 1,2 jam.

Hal menarik, ternyata konten artikel (teks dan gambar) lebih banyak diakses sekitar 84 persen, ini ditengarai karena kurang baiknya perkembangan infrastruktur yang berdampak pada kecepatan akses internet di Indonesia.

Berita trending topic yang sangat diminati adalah tentang gosip selebriti. UC Media Lab menunjukkan artikel yang populer yaitu berita sensasional seperti gosip yang terkait Entis Sutisna (Sule), Billy Syahputra, dan Syahrini masuk dalam top 5 gosip yang diminati. Total PV dari top 5 artikel gosip selebriti mencapai 2.694.386!

Viu di posisi 4 di kategori video berdurasi panjang setelah YouTube dan Google Play; Aplikasi drama Korea Drakor.id+ tumbuh 173 persen. Di antara semua aplikasi hiburan, rata-rata penetrasi video sebesar 72,18 persen, diikuti musik (27,19%) dan berita (12,72%).

Kurang meratanya kecepatan akses internet ternyata tidak memengaruhi akses konten video, meskipun masyarakat lebih cenderung untuk mengunduh video dan musik tersebut untuk dinikmati kemudian.

Di antara pemain besar aplikasi video seperti YouTube, YouTube Go dan Google Play Movies & TV yang masuk dalam top 3, aplikasi yang sedang meroket Viu menunjukkan perkembangan mengesankan dengan menduduki posisi 4 dalam kategori aplikasi berbasis video di Indonesia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *