Apa Itu Kode Swift ? Inilah Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

Kode swift adalah sebuah kode unik dari suatu bank yang bisa digunakan untuk melakukan kirim uang keluar negeri. (freepik.com)
Kode swift adalah sebuah kode unik dari suatu bank yang bisa digunakan untuk melakukan kirim uang keluar negeri. (freepik.com)

PERNAHKAH Anda mendengar istilah kode swift atau swift code? Istilah ini biasanya muncul pada saat Anda melakukan transfer uang keluar negeri. Kode swift adalah sebuah kode unik dari suatu bank yang bisa digunakan untuk melakukan kirim uang keluar negeri.

Kode swift memiliki peran sebagai jaringan komunikasi yang kemudian keberadaannya dimanfaatkan oleh bank maupun lembaga keuangan lainnya. Kode swift ini juga memiliki kemampuan untuk mengirim serta menerima informasi pengiriman uang dengan cepat dan aman.

Apa Itu Kode Swift?

Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication atau SWIFT code adalah kode unik dari suatu bank. Kode unik ini terdiri dari beberapa huruf dan bisa digunakan untuk kegiatan transaksi dari dalam negeri ke luar negeri ataupun sebaiknya.

Kode swift adalah format standar untuk bank identification code (BIC) yang biasanya digunakan oleh bank maupun lembaga keuangan lainnya untuk alat pengenal dalam skala internasional. Salah satu hal unik dari kode ini adalah bisa menunjukkan siapa dan dimana lokasi bank tersebut berada. Bisa dibilang kode swift ini mirip dengan kode pos ataupun kode telepon.

Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication atau SWIFT adalah sebuah asosiasi yang menghubungkan lebih dari 9.000 lembaga sekuritas serta nasabah korporasi yang tersebar di 209 negara di dunia. SWIFT sendiri bertugas untuk menghubungkan dan juga membantu menyediakan berbagai informasi tentang keuangan yang dibutuhkan serta berbagai transaksi yang dilakukan oleh para anggotanya.

SWIFT ini memiliki kantor pusat di Belgia dan memiliki beberapa kantor cabang di berbagai negara yang menjadi pusat utama kegiatan transaksi keuangan dunia. Adapun layanan utama yang ditawarkan oleh SWIFT adalah keamanan transaksi keuangan dengan kode swift.

Selain itu, juga layanan keamanan transaksi keuangan lainnya untuk Global Financial Messaging, perusahaan, layanan keamanan perangkat lunak, layanan keamanan sistem pembayaran core dan sebagainya. semua layanan yang ditawarkan melibatkan teknologi canggih sehingga keamanannya benar-benar terjamin.

Fungsi Kode Swift

Fungsi utama kode swift adalah untuk melakukan transaksi keuangan di bank secara internasional. Ketika Anda akan mengirim ataupun mengambil uang dari luar

negeri, baik itu transfer bank atau kartu kredit maka kode ini harus digunakan untuk alat verifikasi. Jika kode swift tidak digunakan maka transaksi yang dilakukan akan gagal.

Kode swift ini nantinya membantu proses verifikasi dari sebuah transaksi keuangan yang dilakukan. Dalam hal ini pengguna wajib mengetahui kode swift transaksi yang dilakukan bisa sukses. Perlu diketahui jika  kode swift selalu berada di depan nomor rekening bank.

Kode swift dan kode bank itu berbeda. Dimana perbedaan keduanya bisa dilihat dari bentuknya. Kode bank terdiri dari tiga angka, sedangkan kode swift terdiri dari kombinasi huruf kapital dan juga angka unik berjumlah delapan sampai sebelas digit, panjangnya disesuaikan dengan standar internasional. Tentu saja ini membuat setiap bank memiliki kode swift yang berbeda-beda.

Flip merupakan salah satu aplikasi transfer uang di dalam negeri maupun ke luar negeri dengan pengguna yang banyak. Flip dilengkapi dengan fitur Flip Globe sehingga bisa digunakan untuk kirim uang ke luar negeri. Kirim uang ke luar negeri dengan Flip Globe tidak membutuhkan kode swift. Alasannya karena hanya berbasis jaringan.

Ada banyak kelebihan menggunakan Flip Globe untuk transfer uang ke luar negeri, seperti biayanya terjangkau, status pengiriman real time, bis transfer uang ke 55+ negara di dunia dan sebagainya,

Kirim uang ke luar negeri dengan Flip Globe sangatlah aman karena status pengirimannya akan tercantum secara real time. Selain itu, Flip juga sudah mendapatkan izin lisensi dari Bank Indonesia (BI) sejak tanggal 04 Oktober 2016. Adapun  nomor izinnya yaitu  18/196/DKSP/68.

Sebagai perusahaan transfer uang, Flip berada dibawah pengawasan Bank Indonesia (BI) bukan berada dibawah perizinan Otoritas Jasa keuangan (OJK). Jadi Anda tidak perlu khawatir soal keamanan dan legalitas Flip.(*)

Pos terkait