Sabar, Belum Pasti Kapan TikTok Dibuka Kembali? Begini Penjelasnnya

Ilistrasi TiKToK
Ilistrasi TiKToK

RADAR SUKABUMI – Beredar kabar bahwa TikTok Shop akan dibuka kembali pada 10 Nopember 2023 mendatang. Kabar itu pun, memdapat beragam atensi dari para pengguna media sosial (Medsos) TikTok.

Seperti diketahui bahwa informasi tentang pengaktifan TikTok Shop ini berasal dari sebuah artikel dengan judul “Kapan TikTok Shop Dibuka Tanggal Detail Usai Diblokir Pemerintah?”

Bacaan Lainnya

Menurut keterangan dalam tulisan itu, disebutkan bahwa tim teknis TikTok telah bekerja keras untuk memastikan bahwa platform tersebut mematuhi regulasi yang berlaku per 6 Oktober 2023.

Dengan begitu, TikTok Shop siap dibuka kembali selambat-lambatnya pada 10 November 2023. “Kapan TikTok Shop Dibuka Tanggal Berapa Detail Usai Diblokir Pemerintah?, demikian dilansir dari Antara, Kamis 12/10/2023).

Sebelumnya TikTok, sempat mengalami pemblokiran oleh pemerintah. Dan akhirnya TikTok Shop akhirnya siap untuk dibuka kembali.

TikTokShop
TikTokShop

Keputusan ini diumumkan setelah berbagai negosiasi antara pihak TikTok dan otoritas pemerintah terkait masalah keamanan dan kepatuhan. Benarkah TikTok Shop kembali aktif November mendatang?

Berdasarkan penjelasn dari Direktur Jenderal (Dirjen) Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Isy Karim, dirinya belum mendapatkan kabar soal rencana pembukaan kembali TikTok Shop pada November mendatang.

Dirjen PDN ini mengaku tidak ingin berspekulasi soal kebenaran artikel tentang TikTok Shop tersebut. Namun, ia menerangkan per 10 Oktober 2023, pihak TikTok belum mengajukan izin kepengurusan menjadi loka pasar atau e-commerce yang beroperasi di Indonesia.

Padahal, mengacu kepada Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 31 tahun 2023 terkait dengan Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan

Kemudian, Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik, loka pasar baru boleh berjualan melalui siaran langsung, jika memiliki izin untuk berbisnis atau e-commerce, bebernya.

Sementara sosial commerce, hanya berfungsi sebagai sarana promosi dan tidak boleh melakukan transaksi. Jika aturan soal loka pasar di Indonesia tidak dipatuhi pengelola platform berbagi video pendek tersebut, maka sejatinya TikTok Shop belum akan dibuka kembali di Indonesia. (Ron/ Ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *