Maskapai BUMN Bakal Ikut Tarif Baru Kemenhub

MENGUDARA SEJAK 1949: Garuda Indonesia menjadi maskapai penerbangan paling tepat waktu se-Asia Tenggara berdasarkan laporan On-Time Performance (OTP) Airlines Februari 2019.

JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemhub) dipastikan akan mengatur kembali tarif maskapai penerbangan kelas ekonomi.

Garuda Indonesia sebagai Badan Usaha Milik Negara akan mengikuti pemberlakuan tarif baru tersebut.

Begitu tegas Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno usai melakukan rapat terkait dengan tarif penerbangan di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Perkonomian (Kemenko Eko), Pejambon, Jakarta Pusat.

“Dari kementerian perhubungan sebagai regulator akan menghitung kembali.

Jadi kami akan mengikuti dong, Garuda kan salah satu pelaku usaha di sektor penerbangan, ya kita akan mengikuti aturan dari Kemenhub,” papar Rini.

Di satu sisi, Rini menjelaskan bahwa Garuda sedang mengevaluasi cost structure (struktur biaya).

“Kita sedang mengecek cost-cost apa yang akan didetailkan, makanya nanti akan diperjelas bahwa ini semua airlines ada cost structurenya pada dasarnya sama-sama, mirip-mirip, dan ini yg sedang kita lihat,” ujarnya.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Polana Banguningsih menjelaskan bahwa pihaknya akan menurunkan tarif penerbangan kelas ekonomi.

Penurunan akan dilakukan dengan hati-hati dan diputuskan secara bersama, termasuk dengan para stakeholder dan BUMN.

“Jadi harus ada parameter-parameter atau asumsi-asumsi yang dibahas bersama dengan BUMN termasuk stakeholder yang lain,” tandas Polana.

(rmol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *