Komitmen Bulog Untuk Menjaga Ketahanan Pangan Nasional

Bulan Januari lalu, BPS harga rata-rata nasional GKP tingkat petani sebesar Rp 5.415 per kg. Lalu untuk GKG di tingkat penggilingan adalah Rp 6.099 per kg, dan beras medium di tingkat penggilingan senilai Rp 10.177 per kg.

“Dengan rata-rata harga pasar yang saat ini berada di atas HPP, Bulog tidak wajib menyerap gabah dan beras mereka, tapi bukan berarti kami tidak mau menyerap gabah dan beras dalam negeri. Meski harga gabah di atas HPP, Bulog melakukan penyerapan dengan skema komersial untuk memenuhi kebutuhan penjualan beras komersial,” imbuhnya.

Bacaan Lainnya

Sepanjang 2017, penyerapan gabah atau beras yang dilakukan Bulog sebanyak 2,16 juta ton setara beras. Hingga 21 Februari 2018 ini, Siti mengungkapkan bahwa Bulog telah menyerap 17.694 ton setara beras.

Sementara untuk sisi konsumen, Bulog menjaga ketersediaan dan stabilisasi harga pangan melalui Operasi Pasar (OP) dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang berlaku. “Sampai 21 Februari 2018, dari OP yang dilakukan Bulog, kurang lebih telah menyerap 223 ribu ton beras, tutupnya.

(sab/JPC)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *