Kebutuhan Hewan Kurban Naik 5 Persen

JAKARTA – Kebutuhan hewan kurban untuk hari Raya Idul Adha tahun 2018, naik 5 persen atau sebanyak 1.504.588 ekor dibandingkan tahun lalu.Hewan kurban tersebut terdiri dari 462.339 ekor sapi, 10.344 ekor kerbau, 793.052 ekor kambing dan 238.853 ekor domba.

Untuk mengantisipasi kebutuhan tersebut, lanjutnya, Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian telah melakukan koordinasi dengan dinas yang membidangi fugsi peternakan dan kesehatan hewan di seluruh provinsi.Sehingga kebutuhan hewan tersebut dijamin seluruhnya dapat terpenuhi dari penyediaan ternak lokal.

Bacaan Lainnya

“Kebutuhan tersebut dipasok dari sapi atau kebau bakalan siap potong yang ada di kandang feedloter. Sampai tanggal 20 Juli 2018 stok sapi bakalan siap potong sebanyak 30.170 ekor dan stok sapi bakalan yang sedang digemukan sebanyak 140.344 ekor,” jelas Dirjen PHK, I Ketut Diarmita, di gedung Kementan, Jumat (3/8).

Lebih lanjut Ketut mengatakan dalam rangka mengamankan masyarakat terhadap penularan risiko penyakit zoonosis atau penyakit menular dari hewan ke manusia atau sebaliknya dan penyediaan daging kurban yang aman, sehat, utuh dan halal, Ditjen PKH telah melaksanakan langkah antisipatif.

Diataranya pilot project tempat pemotongan hewan kurban di dua titik wilayah membentuk tim pemantau hewan kurban Ditjen PKH, melakukan supervisi pengawasan di wilayah Jabodetabek dan melaksanakan rapat koordinasi yang direncanakan pada tgl 1 Agustus 2018, bekerjasama dengan LSM.

“Hal ini untuk sosialisasi tentang penyembelihan hewan kurban yang baik. Kami juga bekerjasama dengan Perguruan Tinggi, LSM dan DKM untuk aktif melakukan sosialisasi penyembelihan hewan kurban yang benar,” pungkasnya.

 

(nes)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *