KCIC Uji Coba Kereta Cepat Jakarta Bandung, Agustus 2023 Mulai Beroperasi

Kereta-Cepat-Jakarta-Bandung
Rangkaian EMU/CIT Kereta Api Cepat Jakarta Bandung, melaksanakan tahapan Hot Sliding Test di jaringan Overhead Catenary System (OCS) KCJB pada Jumat (19/5). Foto: Dok. KCIC

BANDUNG – PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mulai melakukan tahapan uji coba kereta cepat atau kereta inspeksi Electric Multiple Unit/Comprehensive Inspection Train (EMU-CIT) dari Bandung menuju Jakarta.

Untuk pertama kalinya Kereta Cepat meluncur dari Bandung ke Jakarta melaksanakan tahapan Hot Sliding Test di jaringan Overhead Catenary System (OCS) KCJB pada Jumat (19/5/2023).

Bacaan Lainnya

Uji coba ke dua dilanjutkan pada Sabtu (20/5/2023) dari Stasiun Tegalluar hingga Stasiun Halim.

Manager Corporate Comunication KCIC Emir Monti menyampaikan, tahapan kegiatan pengetesan ini merupakan bagian dari kegiatan internal test yang dilakukan oleh kontraktor KCJB didampingi konsultan independen dan melaporkan hasilnya secara periodik ke KCIC.

Kontraktor KCJB melakukan pengujian Hot Sliding Test ini sebagai tahapan sebelum dilakukannya commisioning test internal dan Kementerian Perhubungan.

“Pengujian dilakukan dengan menjalankan EMU/CIT rute Depo Tegalluar, Stasiun Tegalluar, hingga ke Stasiun Halim. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari tahapan pengetesan KCJB yang selama ini terus dilakukan sekaligus merupakan tindak lanjut dari pengaliran listrik yang pertama kali dilakukan pada Kamis (18/5/2023) malam ke seluruh jaringan OCS KCJB,” ujarnya dalam keterangan resmi, Sabtu (20/5/2023).

Dalam pengetesan hot sliding, lanjutnya, OCS dibebani dengan menjalankan EMU/CIT dalam kecepatan terbatas yaitu rata-rata 60 km/jam.

“Kecepatan perjalanan EMU/CIT akan ditingkatkan bertahap setelah seluruh integrasi sistem sarana dan prasarana selesai dilakukan pengetesan,” kata Emir.

Untuk memastikan tahapan pengujian dan assessment dilakukan dengan benar, KCIC telah menunjuk konsultan NERC dan CARS sebagai konsultan independen yang membantu pelaksanaan Test Commissioning proyek KCJB.

Uji coba tersebut untuk memastikan keamanan sarana dan prasarana KCJB sebelum nantinya direncanakan akan mulai beroperasi atau commercial operating date (COD) pada Agustus 2023.

Dia mengatakan seluruh jaringan kelistrikan dites secara seksama agar tahapan tes dapat dilakukan ke tahap selanjutnya. Sekaligus melakukan pengujian fungsi subsistem lainnya.

Ke depan, berbagai tes akan terus dilakukan terhadap sarana dan prasarana yang telah dibangun untuk memastikan kesiapan dan keselamatan operasional KCJB.

“Pengetesan pada Jumat berjalan lancar dan EMU berhasil tiba di Stasiun Halim sesuai rencana. Momen ini merupakan momen yang cukup penting, karena pertama kalinya Kereta Api Cepat berjalan dari Tegalluar hingga ke Halim. KCIC akan terus melakukan pengetesan dalam rangka menghadirkan Kereta Api Cepat pertama di Indonesia,” kata Emir. *

Pos terkait