KAI Ngarep Rp 3,6 T Bisa Cair Bulan Ini ,,Kantongi Tambahan Modal Negara

JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia/KAI (Persero) menyambut baik dukungan pemerintah yang akan memberikan tambahan Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp 3,6 triliun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2018.

Vice President (VP) Public Relations KAI, Agus Komarudin mengakui, tambahan suntikan modal tersebut memang akan digunakan untuk melanjutkan dukungan terhadap proyek strategis nasional sekaligus untuk memperbaiki struktur permodalan dalam meningkatkan kapasitas usaha.

Iya, dana dari PMN ini memang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek strategis nasional yang digencarkan pemerintah, khususnya untuk proyek LRT (light rail transit) Jabodebek (Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi),” akunya melalui pesan singkatnya.

Ia berharap, tambahan suntikan modal dari PMN tersebut bisa segera dimanfaatkan untuk melanjutkan pembangunan LRT yang tengah berjalan. “Mudah-mudahan paling cepat bisa bulan ini (pencairan dana PMN),” katanya.

Terpisah, PT Adhi Karya (Persero) selaku kontraktor menargetkan LRT Jabodebek sudah mulai diuji coba melintas (running test) pada Mei-Juni 2019. Direktur Sumber Daya Manusia (SDM), Sistem dan Investasi Adhi Karya, Agus Karianto mengatakan, bila uji coba melintas tidak memungkinkan dilakukan secara keseluruhan, maka akan dilakukan bertahap.

“Setelah Mei-Juni kita sudah mulai running test, diharapkan seperti itu. Tapi, mungkin secara bertahap. Kalau tidak bisa secara keseluruhan, paling tidak dari lintas layanan I dan III bisa dilakukan test dulu,” katanya usai rapat di Kantor Kementerian Koordinator Kemaritiman, Jakarta.

Sayangnya, ia belum bisa bicara lebih lanjut terkait kapan tepatnya LRT Jabodebek siap beroperasi. Menurutnya, hal itu tergantung PT KAI (Persero) selaku operator. “Nah itu sangat tergantung KAI nanti, kesiapan dari operatornya. Operatornya kan KAI,” imbuhnya. Hingga akhir Juni 2018, progres fisik proyek LRT Jabodebek Tahap I secara total sudah mencapai 40 persen.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *