Harga Emas Antam Hari Ini Turun Rp 26 Ribu per Gram

Emas-Antam
Ilustrasi Emas

RADARSUKABUMI.com – Harga emas dunia mulai koreksi menyusul meredanya lonjakan harga minyak yang terjadi dalam beberapa pekan terakhir menyusul invasi Rusia atas Ukraina.

Mengutip laman Reuters, harga emas dunia di pasar spot turun 0,91 persen menjadi USD 1.973,40 per ounce pada pukul 09.00 WIB. Sedangkan emas berjangka Amerika Serikat turun 2,7 persen menjadi USD 1.988,20 per ounce.

Bacaan Lainnya

Kepala Strategis Komiditas TD Securities Bart Melek mengatakan bahwa pelemahan ini merupakan faktor dari kehati-hatian The FED dan bank sentral lainnya untuk mengurangi likuiditas.

“Saya berpikiri Federal Reserve dan bank sentral lainnya akan sangat berhati-hati tentang bagaimana mereka mengurangi likuiditas,” jelas dia dikutip JawaPos.com, Kamis (10/3).

Bounce back emas ini juga berasal dari faktor harga minyak yang mereda. Begitu juga dengan para investor yang mengambil saham mereka karena kekhawatiran atas sanksi yang diberikan terhadap Rusia.

Adapun pengambilan saham oleh para investor ini kemudian dialihkan pada komoditas emas. Pasalnya, emas dianggap sebagai penyimpan nilai yang aman ditengah ketidakpastian tersebut.

Mengikuti pergerakan harga emas dunia, harga emas milik PT Antam (Persero) Tbk hari ini mengalami penurunan sebesar Rp 26.000 per gram atau dijual pada harga Rp 1.010.000 per gram.

Sementara harga pembelian kembali atau buyback emas Antam juga turun Rp 26.000 ke level Rp 917.000 per gram. (Jawapos)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *