Harga Cabai di Kota Sukabumi Tembus Rp60 Ribu Perkilogram,  Jelang Idul Adha

Pedagang Cabai Merah
Salah seorang penjual cabai di salah satu pasar tradisional Kota Sukabumi saat melayani pembeli

SUKABUMI – Dinas Koperasi, UMKM, Perindutrian dan Perdagangan (Diskumindag) Kota Sukabumi, menyebutkan hara komuditas cabai di Pasar Tipar Geude dan Pelita mengalami peningkatan. Hal itu, terjadi menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.

Kasi Perdagangan Dalam Negeri Diskumindag Kota Sukabumi, M. Rifki mengatakan, harga cabai yang saat ini mengalami kenaikan harga yakni, Cabe merah besar TW dari Rp.35.000 jadi Rp.45.000, Cabe merah besar lokal dari Rp.48.000 jadi Rp.60.000, Cabe merah keriting dari Rp.32.000 jadi Rp.35.000 perkilogram.

Bacaan Lainnya

“Kenikan harga bapokting ini sudah terjadi benerapa hari terakhir,” kata Rifki kepada awak media, Minggu (25/6).

Jika melihat dari data yang ada, lanjut Rifki, kenaikan signifikan terjadi pada cabai merah lokal. Hal itu, terjadi akibat jumlah pasokan tidak sebanding dengan jumlah permintaan dari konsumen. “Karena saat ini jumlah permintaan meningkat sehingga berpengaruh pada kenaikan harga cabai tersebut,” ujarnya.

Rifki menjelaskan, adapun bahan pokok penting lainnta (Bapokting) yang saat ini mengalami perubahan harga diantaranya, Bawang putih naik dari Rp.38.000 jadi Rp.40.000 dan Kol dari Rp.9000 jadi Rp.10.000 per kilogram. “Sementara, harga Bapokting lainnya saat ini masih masih dalam kondisi normal,” jelasnya.

Kendati demikian, petugas Diskumindag terus berupaya melakukan pemantauan setiap harinya untuk memastikan kenaikan harga mauoun pasokan normal di pasaran. “Kami pastikan stok Bapokting sejauh ini masih normal sehingga tidak terjadi kelangkaan,” pungkasnya. (Bam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *