Harga Cabai di Kota Sukabumi Pedas Lagi

Pedagang Pasar Kota Sukabumi
Suasana di salah satu pasar Kota Sukabumi

SUKABUMI – Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) Kota Sukabumi, menyebutkan komunitas cabai di Pasar Tipar Gede dan Pasar Pelita mengalami lonjakan.

Kepala seksi Perdagangan Dalam Negeri Diskumindag Kota Sukabumi, M. Rifki mengatakan, beberapa bahan pokok penting (Bapokting) yang mengalami peningkatan harga seperti, Cabai merah besar TW dari Rp40.000 jadi Rp45.000, Cabai keriting hijau dari Rp22.000 jadi Rp24.000 dan Cabai rawit hijau dari Rp35.000 jadi Rp40.000 perkilogram.

Bacaan Lainnya

“Kenaikan harga ini sudah terjadi sekitar satu minggu ini, karena jumlah permintaan lebih banyak dari pada jumlah pasokan barang,” kata Rifki kepada wartawan, Rabu (23/8).

Adapun, lanjut Rifki, beberapa Bapokting lainnya mengalami penurunan harga seperti Bawang merah Jawa dari Rp28.000 jadi Rp24.000 dan Bawang Bombay dari Rp32.000 jadi Rp30.000 perkilogram.

“Dafi pantauan kami di lapangan harga Bawang merah menurun Rp4.000 dan Bawang Bombay Rp2.000 perkilogram,” cetusnya.

Rifki kembali mengulas, apabila permintaan terus mengalami penurunan maka akan berdampak juga terhadap penurunan harga Bapokting. “Ya, karena yang mengakibatkan turun naiknya harga itu tergantung jumlah permintaan konsumen kalau misalkan permintaan naik maka harga juga akan melonjak,” bebernya.

Ia menambahkan, pengawasan terhadap Bapokting terus dilakukan dan hingga saat ini ketersediaan barang masih tergolong aman serta lancar, dan flutukatif harga masih dalam batas kewajaran. “Setiap hari kami melakukan pemantauan harga Bapokting dan juga memastikan untuk stok masih aman,” pungkasnya. (bam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *