Harga Beras di Kota Sukabumi Merangkak Naik

Pedagang Beras
Seorang pedagang beras di pasar tradisional Kota Sukabumi

SUKABUMI– Harga komuditas beras di Pasar Modern dan Tradisional Kota Sukabumi mengalami kenaikan. Dari data yang tercatat Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) kenaikan harga beras tersebut terjadi untuk semua jenis.

Kondisi itu karena, ketersediaan beras di pasaran berkurang dibandingkan sebelumya. Sementara permintaan di pasar tetap, sehingga harga mengalami kenaikan. “Iya betul, harga beras mengalami kenaikan,” ujar Petugas Pengawasan Barang Strategis Diskumindag Kota Sukabumi, Rifki, Selasa (13/2).

Bacaan Lainnya

Diterangkan Rifki, untuk harga Beras Ciherang Cianjur I naik dari Rp 15.500 per kilogram menjadi Rp 16.000 per kilogram. Selanjutnya, beras Ciherang Cianjur II naik dari Rp 15.300 per kilogram menjadi Rp 15.800 per kilogram. Beras Ciherang Sukabumi juga naik dari Rp 15.300 per kilogram jadi Rp 16.000 per kilogram.

” Beras premium naik dari Rp 15.500 per kilogram jadi Rp 16.000 per kilogram. Terakhir beras medium naik dari Rp 13.800 per kilogram menjadi Rp 14.000 per kilogram,” terangnya.

Selain beras, harga daging ayam dan telur ayam pun beberapa hari lalu mengalami kenaikan. Harga daging ayam naik dari Rp 37.000 per kilogram menjadi Rp 38.000 per kilogram.

Harga telur ayam naik dari Rp 27.000 per kilogram menjadi Rp 28.000 per kilogram. Petugas Diskumindag kata Rifki, akan terus memantau perkembangan harga di pasaran dan ketersediaan sembako. Hal ini dalam rangka menjamin pasokan sembako aman di pasaran.

Sebelumya, Penjabat Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Perternakan dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi, Adrian Haryadi melakukan pemantauan ke Gudang Bulog Pasirhalang, belum lama ini. Hal itu dilakukan untuk memastikan ketersediaan beras sebagai salah satu indikator inflasi daerah setap stabil.

Kusmana mengatakan bahwa Pemerintah Kota Sukabumi telah menyalurkan beras Cadangan Beras Pemerintah (CPP) di bulan Januari kepada seluruh keluarga penerima manfaat (KPM) di Kota Sukabumi.

“Alhamdulillah, penyaluran beras di bulan Januari sudah dilakukan. Dan untuk bulan Februari, Maret, dan seterusnya, ketersediaan beras juga akan tetap terpenuhi,” terangnya. (why)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *