7 Efek Negatif Sering Begadang, Salah Satunya Mudah Lupa

Ilustrasi begadang. (pixabay.com)
Ilustrasi begadang. (pixabay.com)

JAKARTA -– 7 Efek Negatif Sering Begadang, saat waktu tidur memiliki peran penting dalam memberikan istirahat pada tubuh, menghasilkan energi, dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Tidur juga memiliki dampak signifikan dalam memperbaiki kondisi fisik dan mental. Pada anak-anak dan remaja, tidur juga merupakan waktu di mana tubuh menghasilkan hormon pertumbuhan.

Dikutip dari Healthline pada Jumat (22/12), efek negatif begadang terhadap kesehatan dapat terlihat seperti berikut.

Bacaan Lainnya

1. Peningkatan berat badan

Kebiasaan begadang dapat meningkatkan risiko kenaikan berat badan, dikaitkan dengan gangguan metabolisme dan kecenderungan meningkatnya nafsu makan.

2. Penuaan dini

Begadang dapat memicu produksi hormon stres yang merusak struktur kolagen pada kulit, menyebabkan kulit kusam, keriput, flek, dan lingkaran hitam di sekitar mata.

3. Mudah lupa

Kurang tidur dapat menghambat regenerasi sel otak, mengakibatkan gangguan fungsi otak seperti kesulitan berkonsentrasi, mudah lupa, dan kelelahan mental.

4. Penurunan fungsi otak

Efek begadang dapat merugikan daya nalar, kemampuan pemecahan masalah, dan tingkat kewaspadaan, meningkatkan risiko kecelakaan.

5. Peningkatan risiko gangguan mental

Begadang dapat meningkatkan risiko gangguan fungsi otak dan insomnia, berkontribusi pada risiko depresi dan gangguan cemas.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *