5 Cara Mencari Pinjaman Modal Usaha yang Minim Resiko

Banyak perusahaan penyedia jasa keuangan yang menyediakan modal untuk membangun atau mengembangkan usaha.
Banyak perusahaan penyedia jasa keuangan yang menyediakan modal untuk membangun atau mengembangkan usaha.

JAKARTA — Mencari pinjaman modal usaha di era teknologi saat ini sangat mudah. Banyak perusahaan penyedia jasa keuangan yang menyediakan modal untuk membangun atau mengembangkan usaha. Menariknya banyak lembaga keuangan yang memberikan pinjaman tanpa agunan.

Namun, apakah aman meminjam modal usaha tanpa jaminan? Tidak perlu khawatir karena pemerintah menjamin perlindungan bagi peminjam maupun penerima pinjaman dengan adanya pengawasan dari lembaga keuangan OJK, APFI, atau LPS.

Cara Mencari Pinjaman Modal Usaha

Adanya kemudahan dalam mendapatkan pinjaman modal usaha tetap harus bijak dalam mencari perusahaan jasa keuangan. Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan yaitu legalitas perusahaan dan tingkat bunga pinjaman.

Adapun cara mendapatkan pinjaman modal usaha dengan minim resiko, yaitu:

1. Cari Perusahaan Jasa Keuangan Legal 

Carilah perusahaan jasa keuangan yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Akan lebih baik jika sudah bergabung dengan Asosiasi Pendanaan Fintech Indonesia Bersama (APFI). Ini untuk menjamin bahwa bunga pinjaman sesuai dengan ketentuan pemerintah.

2. Meminjam ke Bank

Bank konvensional salah satu perusahaan jasa keuangan yang memiliki banyak produk pinjaman. Baik itu, untuk modal usaha atau multiguna. Syarat pinjam pun ada yang menggunakan agunan dan tanpa agunan.

3. Mencari Investor

Mendapatkan suntikan dana dari investor juga bisa untuk memulai dan mengembangkan bisnis Anda. Pastikan untuk membuat kerjasama yang jelas mengenai sistem pinjam-meminjam. Apakah bagi hasil atau bukan.

4. Mengajak Teman Bisnis Bersama 

Ketika kekurangan modal usaha, maka tidak ada salahnya mengajak teman atau saudara melakukan bisnis bersama. Anda bisa berbagi modal dan keuntungan dari bisnis.

5. Jual atau Gadaikan Aset

Menjual aset cara cepat mendapatkan pinjaman modal untuk bisnis. Akan tetapi, jika Anda tidak berniat untuk menjualnya bisa menggadaikan atau menjadikan aset sebagai agunan pinjaman.

Lalu bagaimana jika tidak memiliki aset? Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa saat ini banyak perusahaan jasa keuangan yang menyediakan produk pinjaman tanpa agunan, seperti Amartha.

Pinjaman Modal Usaha di Amartha

Amartha adalah sebuah platform teknologi keuangan mikro yang hadir dengan menyediakan produk pinjaman modal usaha untuk UKM atau UMKM. Di bawah naungan PT. Amartha Mikro Fintek telah membantu individu, kelompok, maupun perusahaan sejak tahun 2010.

Amartha juga platform keuangan P2P Lending yang mempertemukan pemberi pinjaman dan penerima pinjaman. Individu atau perusahaan dapat menjadi bagian dalam memberdayakan UMKM di Indonesia melalui program pendanaan.

Adapun produk pinjaman yang tersedia di Amartha, yaitu:

  • Pinjaman Modal Kerja tanpa agunan untuk individu.
  • Pinjaman Kelompok tanpa agunan untuk UMKM Pedesaan.
  • Pinjaman Multiguna
  • Pinjaman Paylater

Jadi, untuk mendapatkan modal usaha Anda dapat mengajukan pinjaman individu atau kelompok. Sebagai rekomendasi, Anda dapat mengajukan pinjaman kelompok karena memiliki berbagai keuntungan berikut ini:

Proses pengajuan mudah karena tidak perlu menyerahkan agunan alias pinjaman tanpa agunan.

Peminjaman dilakukan berkelompok dengan domisili yang berdekatan. Dalam satu kelompok antara 15-25 orang.

Pencairan cepat dan tidak ada potongan admin.

Pendampingan secara berkala yang difasilitasi oleh pihak Amartha.

Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman modal usaha jangan ragu mengajukan di Amartha. Platform keuangan berbasis teknologi hadir untuk membantu para UMKM di Indonesia agar bisa maju dan berkembang.

Anda dapat mengajukan pinjaman mulai dari 3 juta rupiah, hingga nominal yang lebih besar. Terutama untuk pinjaman kelompok. Oleh sebab itu, tidak perlu khawatir mendapatkan pendanaan yang kecil karena Anda bisa mengajukan sesuai kebutuhan bisnis.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *