4 Manfaat Jus Kulit Manggis Bagi Tubuh

Cara membuat jus kulit manggis dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh-Buah Manggis/Freepik-
Cara membuat jus kulit manggis dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh-Buah Manggis/Freepik-

JAKARTA — Kulit manggis memang telah dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Kulit manggis telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit, salah satunya diabetes.

Salah satu cara mengonsumsi kulit manggis yakni dengan mengolahnya menjadi minuman jus.

Bacaan Lainnya

Cara membuat jus Kulit Manggis;

  • – Mulai dengan menyiapkan bahan dan peralatan untuk membuat jus kulit manggis.
  • – Pilihlah kulit manggis yang masih segar dan tidak terlalu keras,
  • – Selanjutnya, kerok bagian dalam kulit manggis.
  • – Masukkan kulit manggis dan air matang ke dalam blender. – Kemudian nyalakan alat blender dan tunggu hingga kulit manggis menyatu dengan air.
  • – Jus kulit manggis siap untuk dikonsumsi.

Perlu ketahui, bahwa kulit manggis sebaiknya segera diminum setelah diolah menjadi jus. Sebab, jus akan menggumpal jika didiamkan selama lebih dari lima menit. Jika susah mendapatkan kulit manggis atau saat kesulitan mengolah kulit manggis sendiri, cobalah untuk membeli ekstrak kulit manggis bubuk yang dijual di pasaran.

Berikut beberapa manfaat mengonsumsi kulit manggis bagi kesehatan yang baik untuk pengidap diabetes seperti dilansir pada Selasa 13 Juni 2023:

1. Memperkuat daya tahan tubuh

Salah satu menfaat mengonsumsi kulit manggis ternyata bisa membantu memperkuat daya tahan tubuh. Pasalnya, kulit manggis ternyata mengandung sejumlah antioksidan dan dilengkapi kandungan vitamin C yang mampu melindungi tubuh terkena berbagai penyakit.

Bahwa rutin mengonsumsi makanan kaya antioksidan juga disebut dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2. Meski begitu, diperlukan penelitian lanjutan untuk membuktikan hal tersebut.

2. Mengontrol kadar gula darah

Salah satu manfaat mengonsumsi kulit manggis ternyata mampu mengontrol kadar gula darah. Pasalnya, Xanthone yang terkandung dalam kulit buah manggis memiliki khasiat yang melimpah untuk pengidap diabetes, yakni berperan penting dalam mengontrol kadar gula darah.

Menurut penelitian dalam Medical Journal of Lampung University menampilkan sebuah data penurunan gula darah pada pasien diabetes yang mengonsumsi ekstrak kulit manggis selama 10 hari.

3. Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat kulit manggis ternyata juga disebut mampu menurunkan kadar kolesterol dengan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Hal tersebut terlihat dalam penelitian pada tikus percobaan yang dipublikasikan Jurnal Ilmiah Kedokteran Wijaya Kusuma. Untuk diketahui, bahwa pengidap diabetes biasanya juga mengalami peningkatan kolesterol dalam tubuhnya.

Saat kadar kolesterol berhasil dikendalikan oleh kulit manggis, risiko terkena komplikasi diabetes terkait jantung otomatis akan menurun.

4. Menurunkan berat badan

Salah satu manfaat mengonsumsi kulit manggis untuk penyakit diabetes adalah kemampuannya untuk menurunkan berat badan dengan cara memecah lemak dalam tubuh. Menurut penelirian di Jurnal Nutrients bahwa ekstrak manggis dapat meningkatkan kerja insulin dan menurunkan berat badan pada orang obesitas.

Perlu diketahui, bahwa berat badan berlebih merupakan salah satu faktor risiko diabetes. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *