Jangan Anggap Remeh, Manfaat Minum Air Hangat Secara Rutin Luar Biasa

Jangan Diremehkan, Ini 5 Manfaat Minum Air Hangat
Jangan Diremehkan, Ini 5 Manfaat Minum Air Hangat Secara Rutin--Pixabay

JAKARTA — Setiap orang dianjurkan untuk minum air dalam jumlah yang cukup, yakni sekitar 8 gelas dalam satu hari. Hal itu dianjurkan, karena minum air putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh anda

Terlebih lagi jika anda minum air putih hangat secara rutin ternyata manfaatnya bagi kesehatan sangat dahsyat.

Bacaan Lainnya

Namun perlu diperhatikan juga suhu air hangatnya, jangan sampai anda minum air yang terlalu panas karena dapat membakar dan membuat lidah melepuh.

Dikutip dari PMJ NEWS, berikut sejumlah manfaat minum air hangat secara rutin.

1. Bantu Redakan Nyeri Radang Sendi

Sebagian besar orang yang sedang diserang penyakit biasanya disarankan meminum air hangat. Manfaat air hangat akan memperlancar sirkulasi pada pembuluh darah, dan membuat otot-otot tubuh menjadi rileks. Hal ini dapat mengurangi rasa nyeri pada penderita radang sendi. Bahkan air hangat juga dapat mengatasi rasa sakit pada perut, kepala hingga bagian tubuh lainnya.

2. Bantu Redakan Flu

Manfaat minum air hangat secara rutin juga dapat meredakan gejala flu. Berbagai gejala flu seperti sakit tenggorokan, pilek, dan dehidrasi dapat dicegah dan diringankan dengan minum air hangat

Uap hangat juga dapat membantu mengencerkan lendir yang menyumbat saluran napas. Kamu dapat menambahkan jahe, lemon atau madu untuk membantu meredakan nyeri tenggorokan dengan segera.

3. Menenangkan Saraf

Minum air hangat secara rutin bermanfaat menenangkan saraf. Air putih hangat dapat menenangkan sistem saraf pusat di tubuh kamu. Rasa hangat yang ditimbulkan dipercaya bisa memberikan sensasi relaks.

4. Melegakan Sakit Tenggorokan

Untuk mendapatkan manfaat minum air hangat ini, kamu juga dapat berkumur terlebih dahulu dengan setengah sendok teh garam dapur yang ditambahkan ke dalam secangkir air hangat.

Rasa sakit pada tenggorokan umumnya disertai peradangan dan pembengkakan pada dinding tenggorokan. Air garam hangat dapat mengurangi pembengkakan, sehingga tenggorokan terasa lebih lega.

5. Melancarkan Sistem Pencernaan

Air dingin diyakini menyebabkan lemak lebih mudah menggumpal dan sulit dicerna, sementara air hangat memiliki fungsi sebaliknya. Peranan air hangat ini dapat mempermudah proses pencernaan hingga proses pengeluaran zat sisa (feses).

Air putih hangat turut membantu usus berkontraksi. Ketika hal itu terjadi, racun dan sisa makanan yang terperangkap di usus bisa keluar dari dalam tubuh. Jadi, saat kamu mengalami sembelit, air hangat dapat menjadi salah satu solusi yang dipilih.

Mitos atau fakta minum air hangat bisa membantu bersihkan saluran pencernaan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan