Ini Gejala Serangan Jantung Satu Bulan Sebelum Muncul, Dokter Sarankan Ini

Ilustrasi serangan jantung. Kini, hasil
Ilustrasi serangan jantung. Kini, hasil penelitian bahwa untuk mendeteksi tanda-tanda serangan jantung atau penyakit jantung bisa dari rekaman suara. Foto: Pixabay--

JAKARTA — Gejala serangan jantung harus kita ketahui sedini mungkin, apabila tidak maka akan berisiko mengancam kesehtaan manusia. Serangan jantung sendiri terjadi saat aliran darah ke otot jantung menjadi tersumbat.

Salah satu tanda peringatan yang paling jelas dari serangan jantung yakni adanya nyeri dada yang sangat menyiksa. Akan tetapi ternyata ada gejala atipikal yang bisa biasnaya terjadi beberapa bulan atau tahun sebelum seseorang mengalaminya.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut disampaikan langsung oleh ahli jantung di jaringan Sutter Health, Sutter Zi-Jian Xu. “Bagi sebagian orang, gejala serangan jantung bisa terjadi berbulan-bulan atau bahkan lebih lama sebelum serangan jantung terjadi,” kata Zi-Jian Xu, dikutip dari laman Daily Express pada Senin, 27 Juni 2022.

Dokter mengatakan bahwa mayoritas pasien mengalami gejala yang sangat biasa terjadi, di antaranya seperti nyeri dada yang menjalar, rasa berat atau tidak nyaman, jantung berdebar-debar, keringat dingin, dan sesak napas.

Meksi begitu ada perbedaan dari pasien perempuan yang biasanya mengalami gejala berbeda. Beberapa gejala tersebut yakni ada kelelahan, perasaan tidak nyaman secara umum, ketidaknyamanan yang tidak jelas, sakit punggung atau perut, plus stamina yang menurun.

“Kedua jenis gejala tersebut dapat dialami beberapa bulan sebelum serangan jantung yang sebenarnya terjadi,” paparnya.

Sementara itu, British Heart Foundation (BHF) mengimbau bagi siapapun yang sudah merasakan gejala-gejala tersebut langsung menghubungi pihak rumah sakit. Selain itu disarankan juga untuk duduk dan tetap merasa tenang. Anda bisa mengonsumsi aspirin 300 mg sambil menunggu tindakan paramedis.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan