Gak Ribet! 7 Gerakan Workout Untuk Pemula Di Rumah

Ilustrasi berolahraga
Ilustrasi berolahraga Foto :  unsplash.com

SAAT INI, untuk jadi lebih sehat dan berolahraga, tidak usah keluar rumah dan berlangganan member di fitness center. Jika Anda susah meninggalkan rumah karena mengasuh bayi atau balita, atau sibuk bekerja sehingga tidak sempat latihan di gym, maka masih bisa olahraga dengan gerakan workout di rumah. Dengan latihan fisik di rumah maka akan tetap sehat dan lebih murah-meriah karena tanpa alat, sehingga bisa langsung pakai kaos, celana training, lalu latihan.

Rekomendasi 7 Gerakan Workout Untuk Pemula Di Rumah Anti Ribet

Bacaan Lainnya

Berikut ini beberapa gerakan yang bisa Anda praktikkan ketika ingin sehat dan berlatih di rumah saja:

1. Sit Up

Sit up adalah gerakan untuk mengikis lemak membandel di bagian perut, sekaligus membangun otot agar lebih kuat. Cara untuk melakukannya mudah sekali dan bisa dipraktikkan juga oleh para remaja. Ambil yoga mat lalu lakukan pemanasan sebentar dengan stretching di seluruh bagian tubuh, lalu posisi tidur terlentang. Angkat bagian atas tubuh sehingga membentuk seperti huruf V dan ulangi sekuat mungkin.

2. Skipping

Gerakan workout di rumah yang selanjutnya adalah skipping, yang bisa dipraktikkan untuk wanita yang ingin tubuhnya makin tinggi sekaligus bugar. Namun pria juga bisa melakukannya, karena skipping baik untuk menguatkan kaki dan menaikkan kadar kelincahan tubuh. Lakukan skipping secara teratur dan tubuh akan makin segar karena berkeringat.

3. Plank

Plank adalah gerakan olahraga yang terlihat sangat sederhana, tetapi jika Anda melakukannya 1-2 menit saja, keringat akan mengucur dengan deras. Saat plank, kekuatan otot tangan dan kaki benar-benar diuji karena gerakannya seperti tengkurap lalu tangan ditekuk menyiku dan menopang tubuh bagian atas. Sementara telapak kaki sedikit dinaikkan untuk menopang kaki. Plank bagus juga untuk melatih kekuatan otot perut.

4. Yoga

Saat tidak sempat pergi ke studio yoga maka lakukan saja di rumah, sambil menyetel DVD atau streaming videonya dari internet. Yoga merupakan workout yang tenang dan membuat hati terasa adem. Walau gerakannya terlihat agak pasif, tetapi mampu membuat Anda kelelahan karena kekuatan dan kelenturan tubuh diuji.

5. Lari Kecil

Ketika belum bisa jogging di pinggir lapangan atau stadion, maka lakukan saja lari-lari kecil di dalam rumah. Saat tak punya halaman belakang yang luas maka putari ruang tengah atau ruang tamu dan tubuh akan berkeringat, sama seperti ketika berolahraga di luar ruangan. Untuk lebih amannya maka tetap kenakan sepatu keds walau berlari di dalam rumah, dan tak mudah cedera.

6. Push Up

Push up adalah gerakan workout yang bisa dilakukan di rumah saja dan membentuk otot di bagian tangan serta kaki. Jika Anda rajin melakukannya maka akan mengurangi gelambir di bagian lengan sehingga lebih kencang. Lakukan push up di atas alas yoga agar lebih aman dan tidak bersentuhan langsung dengan lantai rumah yang dingin.

7. Squat

Apa Anda ingin melatih kekuatan kaki atau mengidamkan paha yang lebih ramping? Jika iya, maka lakukan squat minimal seminggu 3 kali. Squat amat praktis dilakukan karena tidak butuh ruangan yang luas, tetapi jika rajin dilakukan akan menyehatkan tubuh.

Ada banyak gerakan workout di rumah yang bisa Anda praktikkan dan membentuk siluet tubuh yang lebih ramping. Ketika ingin lebih langsing maka bisa berolahraga walau di rumah saja, dan jangan jadikan jarak ke gym yang jauh sebagai alasan. Akan tetapi, berolahraga di rumah juga butuh kostum yang cocok seperti sport bra (untuk wanita), shorts (celana pendek) yang lentur dan menyerap keringat, dan yoga mat. Happyfit adalah jawabannya karena memproduksi barang-barang tersebut, dan kualitasnya sangat tinggi. Olahraga akan makin menyenangkan dengan Happyfit dan Anda makin bugar karenanya. Dapatkan produk-produk Happyfit hanya di Blibli, marketplace yang ciamik dan user friendly. Pesanan Anda di Blibli akan lekas sampai dan proses pembayarannya bisa COD sehingga makin praktis.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *