5 Penyebab Lidah Anda Terasa Pahit, Begini Cara Mengatasinya

Penyebab lidah anda terasa pahit
Penyebab lidah anda terasa pahit--Freepik

JAKARTA — Kondisi lidah terasa pahit biasanya kerap terjadi pada orang yang sedang sakit. Kondisi lidah pahit sebenarnya tidak berbahaya, tetapi bisa cukup mengganggu hingga dapat menurunkan nafsu makan.

Diketahui selain sakit, ada penyebab lainnya mengapa lidah bisa pahit. Dalam istilah medis, kondisi ketika lidah terasa pahit dikenal dengan disgeusia.

Bacaan Lainnya

Dilansir dari alodokter, berikut 5 penyebab lidah anda terasa pahit.

1. Dehidrasi

Dalam beberapa kasus, rasa pahit di lidah dapat disebabkan oleh dehidrasi. Kondisi ini membuat mulut terasa kering dan mengganggu fungsi indra pengecap, sehingga lidah bisa terasa pahit.

2. Mulut kering

Secara medis, mulut kering dikenal dengan istilah xerostomia. Kondisi ini ditandai dengan menurunnya produksi air liur. Kurangnya air liur dapat mengubah rasa dalam mulut dan biasanya menjadi lebih pahit. Mulut kering dapat disebabkan oleh penuaan, penyakit autoimun, kebiasaan merokok, dan sindrom Sjogren.

3. Kehamilan

Wanita hamil sering kali merasakan pahit atau sensasi rasa logam di mulutnya. Hal ini diduga akibat adanya perubahan hormon yang terjadi pada awal kehamilan serta indra penciuman dan pengecap yang lebih sensitif selama hamil.

4. Konsumsi obat-obatan

Sisa obat-obatan tertentu yang telah diserap oleh tubuh bisa dilepaskan ke dalam air liur, sehingga menyebabkan lidah terasa pahit. Jenis obat-obatan dan suplemen yang dapat menyebabkan lidah terasa pahit adalah antibiotik, obat jantung, dan suplemen yang mengandung besi, kromium, atau tembaga.

5. Penyakit asam lambung

GERD atau penyakit asam lambung adalah kondisi naiknya asam lambung dari perut ke kerongkongan, bahkan hingga ke mulut. Kondisi ini bisa menyebabkan mulut terasa asam atau pahit.

Penyakit asam lambung umumnya dipicu oleh beberapa hal, seperti kebiasaan merokok, konsumsi kopi atau minuman beralkohol dan makanan berlemak secara berlebihan, serta efek dari konsumsi obat-obatan misalnya aspirin.

Berikut cara mengatasi jika lidah anda terasa pahit.

Lidah terasa pahit umumnya dapat membaik, bahkan hilang dengan sendirinya, setelah penyebabnya teratasi. Meski begitu, agar rasa pahit di lidah bisa segera membaik, ada beberapa cara yang dapat Anda coba lakukan, yaitu:

Pos terkait