5 Cara Mudah Hidup Sehat Terhindar dari Penyakit, Konsisten Lakukan Setiap Hari

Tips Mudah Hidup Sehat
Tips Mudah Hidup Sehat Setiap Hari-fauxels-Pexels

JAKARTA — Jangan anggap remeh kesehatan, karena faktanya hidup sehat itu merupakan suatu hal yang snagat mahal dan tidak semua orang bisa mendapatkannya. Faktanya lagi, ada banyak orang yang harus terpaksa mengeluarkan banyak uang untuk dapat kembali sehat.

Sebenarnya kita bisa mencegah banyak penyakit dengan melakukan kebiasaan hidup yang bersih dan sehat, tanpa perlu mengeluarkan biaya yang terbilang mahal. Perlu diingat bahwa kunci utama untuk hidup sehat adalah untuk menjaga diri sekonsisten dan penuh dengan komitmen tinggi.

Bacaan Lainnya

Sekarang segera mulai melakukan sejumlah tips untuk menjadi sehat dengan keyakinan untuk menerapkannya setiap hari. Jangan sampai Anda merasa sakit hanya karena melakukan suatu kegiatan konyol yang mana seharusnya tidak perlu Anda lakukan.

Dilansir dari laman Alodkokter, berikut 5 cara menjaga kesehatan dengan hidup yang sehat.

Menjaga Kebersihan Makanan

Makanan yang terkontaminasi dapat menjadi penyebab utama penularan penyakit. Untuk mencegah kontaminasi, Anda harus mengolah makanan dengan benar. Caranya:

  • – Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, sebelum memasak atau menyiapkan makanan.
  • – Cuci bahan makanan dengan air mengalir sampai bersih, sebelum dimasak atau dikonsumsi.
  • – Jangan menyimpan bahan makanan terlalu lama di dalam kulkas atau lemari penyimpanan.
  • – Jauhkan makanan yang akan dimakan secara mentah, seperti sayuran untuk salad, dari daging mentah. Hal ini dimaksudkan agar kuman dari daging mentah tidak berpindah ke bahan makanan tersebut.
  • – Gunakan tudung saji untuk melindungi makanan dari lalat atau tikus.

Mencukupi Kebutuhan Air

Tips hidup sehat berikutnya adalah minum air putih yang cukup, yaitu minimal 8 gelas per hari. Manfaat dari tercukupinya asupan air adalah tubuh menjadi segar, otak berfungsi lebih baik, serta terhindar dari sakit kepala, sembelit, dan batu ginjal.

Mencuci Tangan

Mencuci tangan dengan benar merupakan cara yang paling efektif dalam mencegah penyebaran kuman penyakit. Cucilah tangan dengan air bersih yang mengalir dan selalu gunakan sabun, karena air saja tidak cukup.

Mencuci tangan dengan sabun terbukti efektif mengurangi jumlah bakteri di tangan hingga 82 persen.

Ingatlah untuk selalu mencuci tangan setelah menggunakan toilet, setelah beraktivitas di luar rumah, setelah memegang hewan peliharaan, dan sebelum makan. Tangan yang terlihat bersih belum tentu bebas dari kuman penyakit, karena kuman tidak terlihat oleh mata.

Apabila air dan sabun sulit ditemukan, Anda dapat menggunakan hand sanitizer yang mengandung paling tidak 60% alkohol.

Studi membuktikan bahwa produk hand sanitizer dengan kandungan alkohol sebesar 60-95%, lebih efektif membunuh kuman daripada produk dengan kadar alkohol yang lebih rendah atau tanpa alkohol sama sekali. Namun perlu diingat, hand sanitizer tidak dapat membunuh kuman seefektif mencuci tangan dengan sabun.

Berolahraga Teratur

Banyak orang malas bergerak karena menganggap olahraga melelahkan dan membosankan. Untuk menyiasatinya, jadikan olahraga sebagai kegiatan yang menyenangkan. Misalnya, bila Anda tidak suka berkeringat, pilihlah olahraga renang. Jika tidak suka olahraga berat, pilihlah yoga.

Pos terkait