4 Manfaat Makan Jahe Mentah untuk Kesehatan, Bisa Redakan Mual dan Muntah

Manfaat kesehatan dari makan jahe mentah---Pixabay
Manfaat kesehatan dari makan jahe mentah---Pixabay

JAKARTA Jahe adalah bahan yang populer di banyak resep. Anda akan menemukan manfaat dalam hidangan pedas, minuman, makanan penutup, dan bahkan sebagai suplemen kesehatan.

Jahe segar sarat dengan nutrisi yang meningkatkan kesehatan dan kebugaran. Simak ya, karena kami akan membahas manfaat kesehatan dari jahe mentah dan cara memasukkannya ke dalam makanan Anda.

Bacaan Lainnya

Dilansir dari laman Sportskeeda, beirkut 4 manfaat kesehatan memakan jahe mentah untuk tubuh manusia:

1. Meredakan mual dan muntah

Jahe mengandung senyawa antiinflamasi alami yang membantu mengurangi pembengkakan di saluran pencernaan Anda, yang dapat membantu mencegah mual dan muntah. Jahe juga dikenal karena kemampuannya untuk meredakan sakit perut, menjadikannya pilihan yang bagus jika Anda menderita gangguan pencernaan atau mulas sesekali.

2. Mengurangi peradangan

Jahe mengandung senyawa anti inflamasi yang disebut gingerol, yang dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri. Ini adalah anti-inflamasi alami yang melawan peradangan kronis dengan menghambat produksi bahan kimia inflamasi dalam tubuh Anda.

Itu memudahkan Anda untuk sembuh dari cedera atau penyakit, sekaligus mengurangi pembengkakan dan rasa sakit yang terkait dengan radang sendi, kram menstruasi (dismenore), sakit kepala, dan migrain.

3. Mencegah diabetes

Salah satu masalah kesehatan yang paling umum di dunia adalah diabetes. Jika Anda menderita diabetes, tubuh tidak dapat mengatur kadar gula darah dengan baik, yang dapat menyebabkan berbagai gejala termasuk kelelahan, penglihatan kabur, dan bahkan penurunan atau penambahan berat badan.

Jahe telah terbukti meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar glukosa darah baik pada orang sehat maupun penderita diabetes melitus tipe 2 (T2DM). Gingerol, yang ditemukan dalam ekstrak jahe mentah, juga telah terbukti mencegah perkembangan T2DM dengan meningkatkan sensitivitas jaringan otot terhadap insulin sekaligus menurunkan lipid (lemak) di hati.

4. Menurunkan tekanan darah

Cara paling umum untuk menggunakan jahe adalah dengan memarutnya dan menambahkannya ke makanan Anda. Hal tersebut memungkinkan Anda untuk menikmati manfaat kesehatan dari jahe mentah tanpa harus mengunyah sepotong akarnya.

Jika Anda ingin memanfaatkan semua jahe mentah yang ditawarkan, cobalah membuat jus segar dengan beberapa bahan lain seperti apel, wortel, dan seledri. Anda juga bisa mencampurnya menjadi smoothie atau bahkan menggunakannya sebagai bumbu untuk daging seperti daging ayam atau sapi.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *