Baru Gajian, Tips Cegah Boros Agar Tetap Jadi Sultan di Akhir Bulan

Ilustrasi boros belanja saat baru gajian
Ilustrasi boros belanja saat baru gajian-freestocks/ Unsplash-freestocks/ Unsplash

JAKARTA — Saat baru gajian, pasti banyak dari kamu yang langsung checkout belanjaan online, atau membeli banyak barang, bukan? Terkadang, orang melabelinya sebangai bentuk self reward.

Namun yang jadi masalah, saat merasa memiliki uang, kamu cenderung tidak dapat menahan diri dan mebeli banyak hal yang terkadang tidak berguna. Alih-alih self reward, kamu justru akan kesulitan di akhir bulan karena uang sudah habis untuk belanja.

Bacaan Lainnya

Nah, untuk mencegah hal tersebut, kamu tentu harus melakukan beberapa upaya agar, keuangan tetap aman terkendali.

Kira-kira apa saja, ya?

Berikut beberapa 5 tips cegah impulsif saat menginginkan sesuatu yang bisa kamu terapkan.

Check this out!

4 Tips Cegah Perilaku Boros saat Baru Gajian

1. Dari Semua Keinginanmu, Urutkan Mana yang Paling Diinginkan Sampai Tidak

Jika kamu masih mau membeli hal-hal yang bersifat keinginan, cobalah mengurutkannya terlebih dahulu.

Cobalah untuk bersikap selektif mulai sekarang.

Kamu bisa melakukannya sangat mudah, yaitu dengan menulis apa saja yang kamu inginkan. Lalu, berilah nomor pada setiap keinginanmu. Urutkan daftar yang paling kamu inginkan, sampai yang sebenarnya tidak terlalu ingin.

Ingatlah, bahwa tidak semua dapat dipenuhi, ya. Dengan cara ini, belanja keinginan dapat tepat dan tak membuatmu mengeluarkan terlalu banyak uang.

2. Tunda Membeli Sesuatu Sampai Beberapa Hari atau Minggu

Berikutnya adalah dengan tidak terlalu terburu-buru dalam membeli sesuatu. Terkadang, karena merasa punya uang, banyak orang yang gegabah membeli ini itu tanpa mempertimbangkannya terlebih dahulu.

Mulai dari soal fungsi, kegunaan, sampai harga, seolah semua tidak ada artinya. Misalnya saat melihat kacamata keluaran terbaru, atau baju lucu untuk ke pesta, tanpa pikir panjang kamu pasti langsung akan membelinya.

Sebenarnya, rasa ketertarikan untuk membeli sesuatu adalah hal yang wajar, namun, kamu bisa mencoba untuk menundanya terlebih dahulu beberapa hari hingga minggu. Karena lama kelamaan, keinginan bisa mereda dengan sendirinya sampai membuatmu lupa.

Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkan uang untuk hal lainnya yang lebih penting, seperti membayar tagihan listrik, atau yang lainnya.

3. Perhitungan dengan Baik Total Pemasukan dan Pengeluaranmu

Nah, ini merupakan poin yang sangat penting dan tidak boleh dilewatkan. Kamu tentu harus memperhatikan betul total pemasukan yang didapat selama ini.

Pos terkait