8 Tips Hemat Liburan Ke Luar Negeri, Gunakan Fitur Smart Combo Salah Satunya!

liburan ke luar negeri
Waktu yang tepat untuk liburan ke luar negeri. (Istimewa)

RADARSUKABUMI.com – Saat ini, liburan ke luar negeri tidak lagi sulit seperti saat pandemi yang mengharuskan Anda membawa dokumen perizinan. Anda bisa dengan mudah mengunjungi tempat-tempat yang sebelumnya hanya bisa Anda lewati di layar kaca.

Bahkan Anda sudah bisa dengan mudah liburan ke luar negeri dengan budget yang tidak terlalu fantastis. Cukup cermat memilih tujuan dan tempat membeli tiket, tentu Anda akan mendapatkan harga yang terjangkau. Seperti tiket pesawat Traveloka yang sering kali ditawarkan dengan banyak promo menarik hingga potongan harga yang lumayan menggiurkan.

Bacaan Lainnya

Tapi bagi Anda yang baru pertama kali hendak liburan ke luar negeri, Anda harus lebih banyak mencari informasi. Ini sangat penting agar Anda tidak mengalami kendala hingga mengganggu mood saat liburan yang seharusnya menyenangkan. Oleh karena itu, simak ulasan berikut yang akan membantu Anda menikmati liburan ke luar negeri dengan biaya yang hemat.

Tips Hemat Liburan Ke Luar Negeri

1. Pilih Negara Bebas Visa Bagi Pemegang Paspor Indonesia

Poin ini sangat penting tidak hanya bagi Anda yang baru pertama kali hendak ke luar negeri. Tetapi juga berlaku bagi Anda yang memiliki visa namun masa berlakunya telah habis mengingat saat pandemi tidak melakukan perjalanan.

Tidak hanya bisa mengurangi biaya liburan, bebas visa juga bisa membuat Anda lebih menghemat waktu persiapan. Beberapa negara yang bisa Anda kunjungi diantaranya Turki, Maroko, India, Tanzania, negara ASEAN, dan masih banyak lagi.

2. Berburu Tiket Pesawat Promo maupun Program Diskon

Menggunakan tiket pesawat promo akan sangat memengaruhi pengeluaran saat liburan karena hal ini adalah salah satu pengeluaran vital. Untuk bisa mendapatkannya, Anda harus memesan jauh-jauh hari dengan menghindari tanggal-tanggal high season.

Dengan memilih tanggal low season, tidak hanya akan mendapatkan harga yang lebih terjangkau. Tapi Anda juga bisa menikmati liburan dengan lebih santai karena destinasi wisata dan penginapan tidak akan terlalu padat.

Jika Anda memiliki rencana untuk mengikuti festival atau ingin berkunjung di tanggal khusus, Anda tetap bisa memanfaatkan program diskon. Program diskon ini biasanya diadakan pada tanggal-tanggal tertentu saja sehingga Anda harus rajin melihat perubahan harga tiket pesawat.

3. Manfaatkan Penawaran Aplikasi seperti Smart Combo di Traveloka

Dengan tiket Smart Combo, Anda bisa menikmati perjalanan menggunakan maskapai premium namun dengan harga lebih murah hingga 40%. Fitur ini juga dapat membantu Anda untuk memesan tiket pulang-pergi sekaligus tanpa ribet membelinya secara terpisah.

Tidak hanya untuk penerbangan internasional saja, Anda juga dapat menggunakan penawaran ini untuk jalur domestik multi-kota. Cukup dengan memulai pencarian penerbangan dengan tanda Smart Combo, Anda bisa bebas memilih kombinasi perjalanan yang Anda inginkan.

4. Cari Penginapan Alternatif Selain Hotel

Alih-alih harus membayar hotel mahal padahal hanya untuk beristirahat sebentar kemudian ditinggal menuju destinasi lain. Anda bisa memilih berbagai jenis penginapan lain yang lebih murah, apalagi jika Anda seorang solo traveler.

Mulai dari hostel, hotel kapsul, bahkan lounge bandara bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan anggaran yang Anda miliki. Cukup mencari informasi sebanyak mungkin sebelum berangkat misalnya dengan mencarinya di Traveloka, Anda bisa mendapatkan sesuai keinginan.

5. Pilih Maskapai Low-cost dengan Waktu Transit yang Panjang

Dengan menggunakan maskapai low-cost yakni penerbangan yang bertarif rendah, Anda dapat menekan pengeluaran biaya tiket pesawat. Tidak perlu khawatir karena saat ini telah banyak maskapai low-cost yang menawarkan pelayanan yang cukup untuk menunjang kenyamanan perjalanan.

Ketika memilih kombinasi perjalanan, Anda juga bisa memilih jadwal pesawat dengan waktu transit yang panjang. Dengan cara ini Anda bisa menjelajahi daerah di sekitar bandara sambil menunggu penerbangan selanjutnya. Misalnya mengunjungi tempat wisata, mencoba objek wisata singkat, maupun eksplor kuliner khas daerah setempat.

6. Membuat Itinerary

Dengan membuat itinerary selama perjalanan, Anda tentu bisa memanfaatkan waktu menjadi lebih efisien. Itinerary juga membantu Anda untuk menyelesaikan perjalanan tepat waktu mengingat Anda memesan tiket-pulang pergi dengan penawaran Smart Combo sebelumnya.

7. Gunakan Transportasi Umum Di Negara Tujuan atau Berjalan Kaki

Menggunakan transportasi umum atau bahkan berjalan kaki tentu membutuhkan biaya yang jauh lebih sedikit daripada sewa kendaraan pribadi. Di samping itu, Anda juga bisa bisa lebih banyak berinteraksi dan membaur dengan penduduk setempat.

Namun untuk bisa mengendarai transportasi umum, Anda harus belajar mengenai rute perjalanan daerah setempat serta tempat pemberhentiannya. Kemudian Anda juga mendapatkan akses seperti jika suatu kendaraan umum memerlukan kartu tiket, maka Anda harus membelinya terlebih dahulu.

8. Batasi Pengeluaran

Saat liburan seringkali kita tergiur untuk mencoba berbagai menu makanan terutama yang banyak dijajakan di pinggir jalan. Mulai dari tampilan hingga aromanya benar-benar menarik kita untuk menghentikan perjalanan dan segera mencobanya.

Namun Anda perlu cermat untuk memilih menu makanan sesuai dengan kebutuhan dan budget yang Anda miliki. Tidak hanya itu, Anda juga perlu membatasi saat membeli oleh-oleh sehingga pengeluaran misalnya dengan membuat daftar belanjaan.

Setelah membaca ulasan ini, Anda tidak perlu khawatir mengenai biaya liburan ke luar negeri yang membengkak. Cukup ikuti semua tips yang telah diberikan dan buat rencana liburan Anda bersama kawan ataupun kerabat. Untuk memulainya, Anda bisa segera memesan tiket pesawat pulang-pergi dengan mudah menggunakan fitur Smart Combo dari Traveloka. (*)

Pos terkait