Pemred Media China Tuding Intel AS Terlibat Penyebaran Pandora Papers

  • Whatsapp
Ilustrasi/Net

CHINA — Munculnya Pandora Papers yang mengungkap laporan tentang kekayaan rahasia dan urusan para pemimpin dunia, termasuk politisi dan miliarder, menggelitik pemimpin redaksi media Global Times China, Hu Xijin, untuk berkomentar.

Lewat cutitannya di Twiyter, Xu pada Senin (4/10), mengingatkan bahwa kemungkinan badan-badan intelijen Barat telah terlibat dalam penyebaran informasi yang tertuang dalam Pandora Papers, mengklaim itu dapat membantu pemerintah mereka campur tangan di negara-negara berkembang.

Bacaan Lainnya

“Naluri saya memberi tahu saya di balik rilis makalah ini, ada keterlibatan badan intelijen AS dan Barat,” tulis Hu dalam tweet, menunjukkan bahwa Konsorsium Jurnalis Investigasi Internasional (ICIJ) mungkin bukan satu-satunya pihak yang terlibat dalam mengambil dan menyebarkan file rahasia tersebut.

“Mereka menciptakan alat baru untuk intervensi politik mereka di negara-negara berkembang,” tambahnya, tampaknya merujuk pada para pemimpin negara-negara non-Barat, seperti keluarga Aliyev Azerbaijan, Raja Yordania, Abdullah II, dan beberapa presiden Afrika yang di antara mereka yang didakwa dalam pembebasan itu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *