Jerman Diterjang Banjir, Sejumlah Daerah Luluh Lantak, Puluhan Orang Tewas

  • Whatsapp
Banjir
Keganasan banjir di Jerman membuat kendaraan roda empat terseret dan bertumpukan (AFP)

JAKARTA -– Wilayah barat Jerman luluh lantak. Banjir sejak Rabu (14/7) membuat puluhan rumah rusak parah. Mobil-mobil terbalik akibat terseret aliran air dan pohon-pohon hanyut. Yang terparah menimpa Negara Bagian Rhineland-Palatinate dan North Rhine-Westphalia. Data sementara, 42 warga dilaporkan tewas.

Banjir yang sama melanda wilayah Belgia yang berbatasan dengan Jerman. Sebanyak enam orang dilaporkan meninggal di Belgia. Di Belanda, sungai-sungai meluap dan merusak rumah-rumah di Provinsi Limburg. Tidak ada laporan korban tewas di wilayah tersebut. Namun, penghuni beberapa panti jompo akhirnya dievakuasi. Situasi itu disebabkan rekor hujan deras yang terjadi di wilayah barat Eropa. Banyak sungai yang akhirnya meluap.

Bacaan Lainnya

’’Ini adalah malapetaka. Ada yang tewas, hilang, dan masih banyak orang yang dalam situasi bahaya,’’ ujar Kepala Negara Bagian Rhineland-Palatinate Malu Dreyer seperti dikutip BBC.

Kanselir Jerman Angela Merkel juga mengaku syok dengan bencana yang terjadi. Sebagian penduduk harus naik ke atap dan menunggu diselamatkan karena rumah mereka sudah tenggelam sepenuhnya. Sebagian jalur transportasi terputus. Helikopter polisi dan ratusan tentara dikerahkan ke beberapa wilayah untuk membantu penduduk yang terjebak.

’’Tidak ada yang menyangka ini akan terjadi. Dari mana datangnya semua hujan deras ini? Ini gila,’’ ujar Annemarie Mueller, warga Mayen, Rhineland-Palatinate, seperti dikutip Agence France-Presse.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *