Warga Sukabumi Harus Tahu, Ridwan Kamil: Masker Hanya Dipakai Orang Sakit

  • Whatsapp
Ridwan Kamil saat menggelar Rapat Lintas Sektoral Pencegahan dan Penanganan COVID-19 di Gedung Sate, Bandung, Selasa (3/3). Foto: Dok Humas Pemprov Jabar

BANDUNG, RADARSUKABUMI.com – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil atau Emil mengimbau masyarakat untuk tidak panik membeli dan memakai masker. Merujuk pada WHO, kata Emil, masker hanya untuk orang yang sedang sakit.

“WHO menyampaikan, masker hanya dipakai orang sakit, atau mereka yang merawat orang sakit pernapasan, atau mereka yang berada di daerah-daerah atau unit kerja penuh orang sakit,” kata Emil seusai menggelar Rapat Lintas Sektoral Pencegahan dan Penanganan COVID-19 Tingkat Provinsi Jabar di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa.

Bacaan Lainnya

Di luar kriteria tersebut, Emil meminta masyarakat untuk tidak memakai masker. Selain untuk menjaga stok masker, penggunaan masker yang tidak benar justru meningkatkan risiko terpapar virus.

“Jadi, saya sampaikan ke warga Jabar, jangan panik, jangan beli toko online untuk membeli masker yang sebenarnya tidak diperlukan,” katanya.

“Jangan sampai orang sakit, petugasnya butuh malah tidak ada karena dibeli oleh mereka yang sebenarnya tidak membutuhkan,” tambahnya.

Emil menyatakan pihaknya akan menindak tegas oknum-oknum yang memanfaatkan isu COVID-19 dengan menimbun masker dan menjualnya dengan harga tinggi.

“Polisi juga sudah ditugaskan untuk mengecek ke pabrik-pabrik masker di Jabar supaya tidak ada penimbunan dan penipuan produk-produk,” katanya. (antara/jpnn/izo/rs)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *