Usai Gempa, Cicurug Banjir

  • Whatsapp
Luapan air sungai Cicatih mengakibatkan beberapa rumah di Kecamatan Cicurug terendam.

SUKABUMI – Warga Sukabumi masih merasa was-was usai gempa engan kekuatan magnitudonya 5,0 (awalnya disebut 5,6) mengguncang Sukabumi, kemarin (27/4/2021). Namun tak lama berselang, warga Cicurug justru dibuat tambah panik.

Pasalnya, akibat curah hujan yang turun di wilayah Kecamatan Cicurug sesaat setelah gempa terjadi, membuat rumah milik Dasir, warga Kampung Nyangkowek Rt 02/07, Desa Mekarsari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi terendam banjir.

Bacaan Lainnya

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Cicurug, Dodi Firmansyah mengatakan, banjir tersebut terjadi akibat luapan sungai Cicatih. Derasnya debit air mengakibatkan air masuk ke rumah warga dengan ketinggian sekitar 20 centimeter. “Kejadiannya tadi pas hujan deras, ya sekitar pukul 19.00 WIB. Alhamdulilah tidak ada korban jiwa dan kerugian material,” sebutnya.

Ia menambahkan, kondisi air saat ini sudah surut. Kini warga sekitar tengah membantu membersihkan lumpur akibat terseret air yang masuk ke rumah itu. “Tadi barang-barang peralatan rumah tangganya langsung dikeluarkan. Alhamdulillah kesiapsiagaan warga sudah baik dalam mengantisipasi banjir,” tandasnya.

Sementara itu dampak sementara yang dilaporkan akibat gempa yang mengguncang Sukabumi menyebabkan dua unit rumah warga di Kampung Linggaresmi RT 05 RW 04, Desa/Kecamatan Bantargadung, Kabupaten Sukabumi, ambruk.

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Kecamatan Bantargadung, Sihabudin mengatakan, dua rumah ini merupakan milik Husen dan Emar. “Sekitar pukul 16.23 WIB telah terjadi bencana gempa bumi sehingga mengakibatkan dua unit rumah ambruk,” ujarnya.

Tak hanya dua rumah yang ambruk, Sihabudin menyebut ada lima rumah yang terancam ambruk. “Sementara lima rumah lainnya terancam ambruk diakibatkan dari gempa bumi. Dalam kejadian tersebut tidak ada korban luka maupun korban jiwa, aman terkendali,” jelasnya.

Sedangkan, Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, Zulkarnain Barhami mengatakan, pasca gempa bumi yang terjadi hingga saat ini BPBD belum menerima laporan adanya kerusakan. “Kami belum menerima laporan adanya kerusakan akibat gempa yang terjadi. Saat ini kami masih melakukan monitoring,” singkatnya. (upi/bam/t)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *