Tol Bogor Ciawi Sukabumi Seksi II Belum Bisa Digunakan Jalur Mudik Tahun Ini, Ini Alasannya

Tol Bocimi
Kondisi bangunan proyek Tol Bocimi yang baru selesai sampai wilayah Parungkuda.

Sementara itu, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit menjelaskan, pihaknya membenarkan terkait proyek pembangunan jalan tol Bocimi pada seksi II ruas Cigombong-Cibadak itu, ditargetkan akan rampung pada akhir 2022. “Jadi Desember 2022 itu, merupakan target konstruksi seksi II-nya,” jelas Danang.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pembangunan jalan tol Bocimi pada seksi II ruas Cigombong-Cibadak memiliki panjang 11,9 kilometer dan sampai saat ini progres konstruksinya pembangunannya baru mencapai 77,43 persen.

Bacaan Lainnya

“Secara total, tol Bocimi dibangun sepanjang 54 kilometer terdiri dari 4 seksi. Seksi 1 Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 kilometer. “Nah ini sudah beroperasi pada Desember 2018 lalu,” paparnya.

Sementara pada seksi III ruas Cibadak-Sukabumi Barat sepanjang 13,70 kilometer. Sedangkan untuk seksi IV ruas Sukabumi Barat-Sukabumi Timur sepanjang 13,05 kilometer.

“Kehadian tol Bocimi ini, diyakini dapat memangkas waktu tempuh perjalanan menuju wilayah Sukabumi, salah satunya akses menuju ke Pelabuhanratu.

Dimana nantinya dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih satu jam, jika dari wilayah Jakarta ke Pelabuhanratu dapat ditempuh hanya waktu 2,5 jam,” imbuhnya.

Bukan hanya itu, waktu tempuh perjalanan dari Sukabumi baik kabupaten maupun kota yang mengarah ke Ciawi juga dapat menghemat waktu 1sampai 2 jam lamanya.

Untuk itu, kehadiran jalan tol Bocimi juga nantinya akan semakin memberikan dampak positif terhadap perekonomian.

“Selain itu, juga untuk peningkatan usaha di wilayah Jawa Barat, khususnya Bogor, maupun Sukabumi,” pungkasnya. (Den)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan