Tol Bocimi Sesi II Cibadak Selesai Tahun Ini, Jakarta-PelabuhanRatu Cuma 2 Jam

Kondisi jalan tol Bocimi Seksi I Bogor Cigombong
GELAP : Kondisi jalan tol Bocimi Seksi I Bogor Cigombong terlihat belum sepenuhnya memiliki lampu penerangan jalan. (foto : Twiter Via @backpacker Indonesia)

JAKARTA — Kabar terbaru, Jalan Tol Ciawi – Sukabumi (Bocimi) ditargetkan rampung akhir tahun 2022 ini. Tol Ciawi-Sukabumi nantinya akan memangkas jarak tempuh Jakarta-Sukabumi dan sekitarnya.

Menurut Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Biasanya, jarak tempuh Jakarta-Pelabuhanratu akan memakan waktu 5 jam. Dengan adanya Tol Ciawi-Sukabumi jarak tempuh hanya 2 hingga 2,5 jam.

Bacaan Lainnya

Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian menjelaskan, saat ini Pemerintah melalui Kementerian PUPR bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang mengelola ruas Tol Ciawi – Sukabumi tengah menyelesaikan konstruksi Seksi 2.

Dikatakan Hedy, dengan ditargetkannya Seksi 2 dapat selesai pada akhir tahun mendatang Jalan Tol Ciawi – Sukabumi memberikan peran penting dalam memangkas waktu tempuh berkendara dari Jakarta ke Sukabumi.

“Jika sebelumnya dari Jakarta ke Sukabumi 5 jam, nantinya dari Jakarta ke Pelabuhanratu nantinya hanya menempuh waktu 2 hingga 2,5 jam saja,” katanya.

Hedy menambahkan, untuk Seksi 2 ditargetkan selesai pada akhir tahun 2022, sehingga waktu tempuh berkendara melewati Jalan Tol Ciawi – Sukabumi akan semakin lebih cepat dalam memberikan dukungan mobilitas kendaraan logistik di Jawa Barat,” ujar Hedy.

Tol Ciawi-Sukabumi memiliki 4 Seksi hingga saat ini tengah dilanjutkan konstruksinya dari total panjang keseluruhan 54 Km yang tengah dikerjakan konstruksinya adalah Seksi 2 ruas Cigombong – Cibadak sepanjang 11,90 Km dengan progres konstruksi 79,50 persen dan ditargetkan selesai konstruksinya pada akhir tahun 2022 mendatang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan