Tambang Emas Ilegal di Surade Ditolak Warga, APRI Minta Keukeuh Beroperasi

Ratusan warga saat audensi dengan APRI soal rencana pelaksanaan kegiatan pemetaan titik lokasi tambang emas rakyat di lokasi Silewang, Tegal Ater tepatnya di kawasan pepadan Pantai Minajaya, Rabu (21/10).

“Nah, kemarin ada aktivitas lagi disana yang baru berlangsung empat hari. Setelah itu, kita sidak dan menghentikan seluruh kegiatan tambangnya. Karena saat sidak mereka tidak bisa menunjukan izinnya,” paparnya.

Setelah penutupan lokasi tambang liar tersebut, sambung Ukat, warga yang tergabung dalam wadah APRI telah berisi keras untuk melakukan tambang di kawasan zona harim laut.

Bacaan Lainnya

Namun, tidak sedikit juga warga yang melakukan penolakan terkait rencana APRI yang akan melakukan tambang emas di lokasi Silewang, Tegal Ater tepatnya di kawasan pepadan Pantai Minajaya.

“Saat audensi, memang terjadi pro kontra soal tambang emas itu. Namun, berdasarkan kesepakatan bersama, akhirnya warga dari berbagai profesi. Seperti petani, buruh, nelayan dan penyadap telah menolak keras soal rencana tambang emas itu,” paparnya.

Pihaknya menambahkan, berdasarkan hasil dari audensi tersebut akhirnya rencana APRI untuk pemetaan dan pengambilan sample dihentikan sesuai dengan aspirasi dari masyarakat Desa Pasiripis.

“Saya berharap kepada seluruh masyarakat agar dapat menjaga aset dan kekayaan alam yang ada di wilayah Kecamatan Surade. Iya, jangan sampai kawasan wisata dijadikan lokasi tambang,” tandasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan