Tahun Ini, 316 Km Jalan Kabupaten Sukabumi Rusak

  • Whatsapp
Kondisi kerusakan jalan yang berstatus Kabupaten Sukabumi butuh perbaikan.

SUKABUMI — Kepala Dinas PU Kabupaten Sukabumi, Asep Japar mengatakan dari total ruas jalan kabupaten yang ada, 316,678 Km diantaranya saat ini kondisinya rusak parah.

Hingga akhir 2018 lalu, tercatat sepanjang 700 Km infrastruktur jalan mengalami kerusakan yang mayoritas tersebar di wilayah Sukabumi Selatan. Pada tahun ini, secara bertahap Pemda Kabupaten Sukabumi memperbaiki jalan sepanjang 315,978 Km.

Bacaan Lainnya

Informasi yang dihimpun Radar Sukabumi, salah satu faktor yang menyebabkan infrastruktur di Kabupaten Sukabumi rentan mengalami kerusakan adalah geografis. Dimana, banyak daerah berupa pegunungan menjadikan wilayah ini rawan dilanda longsor, gempa bumi dan pergerakan tanah.

“Memang masih banyak jalan yang rusak sampai saat ini. Mayoritas, kerusakan banyak ditemukan di wilayah Selatan Sukabumi,” kata Asep kepada Radar Sukabumi.

Menurutnya, selain faktor geografis, kemampuan keuangan daerah yang sangat terbatas juga menjadi kendala dalam melakukan perbaikan jalan tersebut. Lantaran, dana APBD yang dialokasikan untuk infrastruktur jalan setiap tahunnya masih tidak sebanding dengan kebutuhan biaya perbaikan dan pemeliharaannya.

“Dari perhitungan sementara DPU, untuk menuntaskan masalah kerusakan jalan di Kabupaten Sukabumi setidaknya butuh anggaran Rp1 Triliun. Tetapi tahun ini hanya mampu menganggarkan dana sebesar Rp150 Miliar,” jelasnya.

Untuk 2020 mendatang, pihaknya sudah memproyeksikan anggaran sekitar Rp400 Miliar yang akan difokuskan untuk perbaikan dan pembangunan jalan di wilayah perbatasan Sukabumi-Cianjur dan Sukabumi-Bogor.

Sudah ada empat titik lokasi yang ditargetkan menjadi prioritas pembangunannya di tahun mendatang. Satu titik diantaranya adalah pembangunan jembatan penghubung, sedangkan tiga titik lainnya adalah perbaikan dan pembangunan jalan.

“Jembatan yang akan dibangun tepatnya di Cibuni, perbatasan antara Tegal Buleud-Cianjur. Sisanya adalah pembangunan jalan baru di perbatasan Sukabumi-Cianjur, lokasi tepatnya di Cinumpang sepanjang 15 Km dan lintasan lainnya adalah Jalan Cipeuteuy, Kecamatan Kabandungan yang menjadi perbatasan Sukabumi-Bogor serta jalan rusak di Cibuntu, Kecamatan Simpenan,” paparnya.

Asep menambahkan, DPU saat ini masih memiliki pekerjaan rumah, karena sekitar 316,678 dari panjang total jalan kabupaten masih dalam kondisi rusak berat.

Kerusakan jalan ini antara lain, penyambung kecamatan dan Kabupaten Bogor, Cianjur dan Kota Sukabumi. “Ya, yang kondisinya rusak berat ini kebanyakan jalan penyambung antara kecamatan dan Kabupaten Bogor, Cianjur dan Kota Sukabumi,” pungkasnya. (bam)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *