Seribu Lebih Warga Kabupaten Sukabumi Terjangkit DBD

  • Whatsapp

Wilayah Yang Paling Banyak Ditemukan Kasus DBD

No Kecamatan
1. Cibadak
2. Cisaat
3. Cidahu
4. Nagrak
5. Parungkuda
6. Sukaraja
7. Gegerbitung

Bacaan Lainnya

Siklus pelana kuda DBD

Fase Pertama, Hari 1–3

Di fase ini gejala DBD akan muncul, khususnya demam tinggi antara 39–41 derajat Celsius. Demamnya bisa berlangsung 3–4 hari, biasanya tak dapat diredakan dengan obat penurun panas biasa. Demam memang bisa menjadi gejala dari berbagai penyakit. Akan tetapi, bila demam tak kunjung turun dalam waktu 2–3 dan disertai gejala DBD lainnya, segeralah temui dokter.

Fase Kedua, Hari 3–5

Pada fase ini demam akan mereda. Hal yang perlu diamati, jangan terkecoh pada fase ini. Sebab banyak pengidapnya yang keliru ketika suhu sudah kembali normal, bahkan mengaitkannya dengan kesembuhan.

Padahal, di fase ini mereka sedang memasuki masa di mana risiko tertinggi dari DBD dapat terjadi. Di fase ini pembuluh darah akan mengalami pelebaran.

Hal inilah yang memunculkan ruam atau bintik merah pada kulit. Fase kritis ini bisa berlangsung 24–48 jam. Komplikasi yang bisa ditimbulkan di fase ini bisa berupa perdarahan dan kelainan metabolik, seperti hipoglikemia, hipokalsemia, atau hiperglikemia.
Fase Penyembuhan, Hari 6–7

Ketika fase kedua atau kritis berakhir, maka suhu tubuh akan kembali naik. Dalam fase ketika atau penyembuhan ini denyut nadi akan kembali menguat, pendarahan berhenti, dan terjadinya perbaikan fungsi tubuh lainnya. Di samping itu, dalam beberapa kasus bintik atau ruam merah pada kulit pun berkurang.
Bisa Berujung Komplikasi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *