BERITA UTAMAKOTA SUKABUMI

Sampel PDP Corona Sukabumi Dikirim ke Balitbang Kemenkes

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi Rita Fitrianingsih mengatakan, pihaknya telah mengirimkan sampel pasien dalam pengawasan RSUD R Syamsudin SH ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbang) Kementerian Kesehatan pada Rabu (4/3/2020). Pengiriman sampel tersebut mendapatkan pengawalan dua orang surveilans.

“Iya sudah dikirim ke Balitbang Kemenkes sebelum subuh tadi,” kata Rita Fitri kepada Radarsukabumi.com, Rabu (4/3)

Sebelumnya diberitakan bahwa nyonya T, warga Cisaat yang diisukan meninggal karena corona. Informasi tersebut sempat viral di media sosial sehingga pihak Pemerintah Kota Sukabumi langsung memberikan konfirmasi kepada publik lewat konferensi pers.

Lebih lanjut, Rita menjelaskan bahwa sampel yang dikirim ke Kemenes telah melalui prosedur dan koordinasi dengan Dinkes Provinsi Jawa Barat. Sampel dikirim ke Balitbang Kemenkes setelah mendapatkan konfirmasi dari Dinkes Jabar.

“Selain itu, virus transporter media (VTM) yang digunakan untuk menyimpan sampel sempat terlambat datang ke Sukabumi. Di Kota Sukabumi ada lima unit VTM, tapi yang satu dipakai dulu sama Dinkes Cianjur,” jelas Rita.

“Jadi kasus kita sudah jalan dua hari, VTM datang. Nah waktu kejadian di Cianjur, bertepatan VTM datang. Sehingga lebih siap lagi,” lanjutnya.

Rita menambahkan, Untuk pengambilan sampel dilakukan oleh petugas rumah sakit, sementara Dinkes melakukan pengiriman ke Balitbang Kemenkes. Untuk model penyampaian sampel itu ada yang menggunakan serum dan ada yang menggunakan swab.

Diberitakan sebelumnya, sepasang suami istri atass nama tuan S (58) dan nyonya T (57) masuk Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Syamsudin Kota Sukabumi pada Minggu (1/3/2020). Keduanya mengalami keluhan yang sama, yakni batuk, pilek dan demam serta sesak napas. Nyonya T meninggal saat sedang dilakukan penanganan medis di ruang isolasi.

(izo/rs)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button