Rp 23 Miliar ‘Hanyut’ Akibat Banjir Bandang Cicurug Sukabumi

  • Whatsapp
Sejumlah petugas dan relawan serta warga Kampung Cibuntu, Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug saat memberikan material yang dibawa banjir bandang. FOTO: LUPI PAJAR HERMAWAN// RADAR SUKABUMI

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menyebut kerugian akibat banjir bandang Cicurug yang melanda tiga kecamatan mencapai Rp 23 Miliar.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekertaris BPBD Kabupaten Sukabumi, Anita Mulyani mengungkapkan, hasil penghitungan cepat dari BPBD, kerugian dampak bencana banjir bandang yang melanda Kecamatan Cicurug, Cidahu dan Kecamatan Parungkuda mencapai Rp 23 Miliar.

Bacaan Lainnya

“Berdasarkan data rekap terakhir bencana banjir bandang yang melanda Kecamtan Cicurug, Parungkuda dan Cidahu sebanyak 623 rumah dan fasilitas umum mengalami kerusakan parah, sehingga jika dihitung secara nominal kerugian mencapai Rp 23 Miliar,” jelasnya kepada Radar Sukabumi saat dihubungi, Senin (12/10/2020).

Anita merinci, dari sebanyak 623 tersebut, 411 diantaranya rumah warga mengalami rusak berat, sedangkan 212 lainnya terdiri dari fasilistas umum seperti jembatan, saluran air bersih, bendungan, TPT dan saluran air bersih.

” Selain itu, sebanyak 243 rumah dan satu jembatan di tiga kecamatan yang terdampak banjir bandang mengalami kerusakan ringan dan sedang,” sebutnya.

Hingga saat ini terkait penangan dan rehabilitasi dan rekonstruksi kerusakan akibat banjir bandang ditiga kecamatan tersebut masih berkoordinasi dengan dinas serta intansi terkait.

“Sejauh ini kami masih berkoorinasi dengan Dinas PU, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) serta Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Sukabumi dalam penanganan selanjutnya,” katanya

Anita menambahkan, sejumlah warga yang rumahnya terdampak saat ini masih mengungsi disanak saudaranya. Namun ada beberapa warga lainya sudah kembali ke rumahnya masing-masing.

“Situasi di lokasi kejadian sudah mulai pulih, baik aktivitas warga maupun psikologisnya,” tandasnya. (upi/rs)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *