Ramadan, Diarpus Kabupaten Sukabumi Kebanjiran Pengunjung

Dinas Arsip dan Perpustakaan (Diarpus) Kabupaten Sukabumi
Pengunjung saat membaca di Dinas Arsip dan Perpustakaan (Diarpus) Kabupaten Sukabumi

SUKABUMI – Dinas Arsip dan Perpustakaan (Diarpus) Kabupaten Sukabumi menyebutkan antusiasme masyarakat mengunjungi perpustakaan pada bulan suci Ramadan 1443 Hijriyah 2022 Masehi cukup tinggi. Terdapat berbagai fasilitas hingga layanan yang membuat nyaman para pengunjung.

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sukabumi, Eman mengatakan, pada Ramadhan ini perpustakaan Kabupaten Sukabumi banyak dikunjungi masyarakat yang ingin mencari ilmu dan pengetahuan.

“Ada yang membaca buku, belajar komputer, konsultasi tentang pengelolaan perpustakaan dan ada juga yang memanfaatkan fasilitas internet gratis untuk browsing maupun mengikuti zoom meeting,” kata Eman kepada Radar Sukabumi, Rabu (20/4).

Di perpustakaan, lanjut Eman, selain tersedia buku bacaan juga tersedia berbagai hadits dan tafsir Alquran. “Selain itu, kami juga menyediakan koleksi Alquran braille yang diperuntukkan bagi para penyandang disabilitas netra,” ucapnya.

Eman mengulas, bagi umat muslim, Ramadan merupakan bulan penuh keberkahan yang memiliki banyak keutamaan yang tidak ada pada bulan lainnya. Beberapa keutamaan misalnya diturunkannya Alquran sebagai kitab suci umat Islam.

Sebagaimana yang dijelaskan pada Alquran Surat Al Baqarah ayat 185. Peristiwa yang terjadi pada saat itu adalah ketika Malaikat Jibril mendatangi Rasulullah di Gua Hira untuk menyampaikan wahyu pertama dari Allah SWT dan surat yang pertama kali turun adalah Surat Al Alaq ayat 1-5, yang didalamnya berisi perintah IQRA, perintah untuk membaca. “Karena itu, mungkin masyarakat banyak mengunjungi perpustakaan untuk membaca maupun belajar,” bebernya.

Eman mengajak, masyarakat Kabupaten Sukabumi untuk dapat memanfaatkan Ramadan ini untuk belajar khususnya membaca. “Mari kita menjemput berkah Ramadan di perpustakaan melalui aktivitas yang produktif dan menyenangkan” pungkasnya. (bam)

Dinas Arsip dan Perpustakaan (Diarpus) Kabupaten Sukabumi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.