Pungutan UNBK Rp1,7 Juta, Orangtua Murid SMK Al Fajar Protes

  • Whatsapp

RADARSUKABUMI.com, SUKABUMI –Para orangtua murid SMK Al Fajar Sukabumi gusar akibat adanya dugaan pungutan sebesar Rp 1,7 Juta oleh pihak sekolah. Mereka merasa keberatan karena nilainya yang sangat besar dan tak masuk akal.

Berdasar informasi yang dirangkum Radarsukabumi.com, dugaan pungutan pada sekolah kejuruan yang berlokasi di Jalan Kampung Jamban, Kelurahan/Kecamatan Palabuanratu, Sukabumi untuk persiapan jelang Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada Januari 2019 mendatang untuk 151 siswa kelas XII.

Bacaan Lainnya

“Jujur sebagai murid yang serba keterbatasan, tentunya sangat memberatkan dengan adanya pungutan sebesar Rp 1,7 juta, kata wali kelas itu untuk memperlancar menjelang UNBK, kasian orangtua saya, “ujar SV (16) salah satu murid kelas XII SMK Al Fajar kepada Radarsukabumi.com, Rabu (12/12).

Salah satu orangtua murid yang juga enggan disebutkan namanya membenarkan adanya pungutan sebesar Rp 1,7 juta untuk persiapan UNBK ahir tahun di SMK Al Fajar.

“Ya benar ada iuran sebesar itu. Saya sebagai orang tua sebetunya hanya berkewajiban membayar saja, dan anak belajar dengan baik. Namun kalo boleh mengusulkan jangan sebesar itu, kasian orang seperti saya yang harus banting tulang membayar iuran tersebut,”tandasnya.

Sementara itu, berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 75/2016 tentang Komite Sekolah juga sudah mengatur bahwa sekolah tidak boleh melakukan pungutan kepada orang tua siswa maupun peserta didik.

Pihak Ombudsman RI pernah menyatakan bahwa sekolah dilarang menarik iuran atau pungutan untuk pelaksanaan UNBK. Sebab UU Nomor 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyebutkan bahwa pendanaan pendidikan tanggung jawab bersama pemerintah pusat, daerah dan masyarakat.

Akan tetapi, peran masyarakat sudah diatur dalam PP Nomor 48/2018 tentang Pendanaan Pendidikan, yakni pendanaan tersebut tidak boleh dalam bentuk pungutan atau pemaksaan.

(cr1/izo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *