PSBB Kota Sukabumi, Pertokoan Tutup Hari Sabtu dan Minggu

Pengunjung di salah satu swalayan dan toko di Kota Sukabumi

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Pemerintah Kota Sukabumi kembali merilis kebijakan terbaru terkait Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yakni menutup toko dan swalayan pada hari sabtu dan Minggu. Hal ini sebagaimana isi Surat Edaran (SE) terbaru Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kota Sukabumi Nomor : 510/333/Kopdagrin tentang Jam Operasional Kegiatan Perdagangan di Kota Sukabumi.

Kebijakan ini dimaksudkan agar terjadi pengurangan aktivitas masyarakat di kawasan pusat perdagangan seperti Jalan Ahmad Yani. Namun seperti halnya aturan pengurangan jam operasional toko, hal ini tidak berlaku untuk toko yang menjual bahan pokok penting (bapokting).

Bacaan Lainnya

Plt Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kota Sukabumi Didin Syafrudin membenarkan ihwal SE tersebut. “Ya benar. SE tersebut berlaku sejak tanggal 13 Mei 2020,” kata dia kepada Radarsukabumi.com, Rabu (13/5/2020).

Pada SE tersebut, ada delapan poin yang dibahas. Pertama, pembatasan jam operasional untuk toko atau swalayan dan sejenisnya di luar bahan pokok penting buka dari jam 09.00 WIB sampai pukul 12.30.

Kedua khusus untuk hari Sabtu dan Minggu untuk toko/swalayan dan diluar bahan pokok penting dan sejenisnya ditutup operasionalnya. Ketiga pembatasan jam operasional toko bahan bangunan, toko besi, toko spareparts serta alat-alat listrik bengkel buka sampai pukul 16.00 WIB.

Keempat warung, toko modern/supermarket yang menjadi bapokting (bahan pokok penting) dengan batasan jam operasional setiap hari sampai dengan pukul 16.00 WIB.

Kelima bagi para pengusaharestoran/stempat makan dab sejenisnya tidak ada layanan makan ditepat, hanya melayani untuk dibawa pulang (take away)dan layanan antar jam buka 09.00 WIB sampai dengan pukul 20.00 WIB.

Keenam pedagang kaki lima yang berjualan jam operasionalnya muli pukul 17.00 WIB harus berakhir pada pukul 20.00 WIB. Ketujuh khusus untuk apotek dan rumah sakit jam operasionalnya mengacu kepada ketentuan yang berlaku.

Kedelapan atau terakhir, perkantoran dan industri jam operasionalnya sampai dengan pukul 15.00 WIB, dengan pemberlakuan aturan physical distancing dan SOP protokol kesehatan seperti pemakaian masker dan penyediaan hand sanitizer.

(izo/rs)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *