Produksi Sampah di Kota Sukabumi Capai 180 Ton per Hari, TPA Cikundul Overload

TPA Cikundul
Sejumlah alat berat saat beroperasi di TPA Cikundul di Kecamatan Lembursitu Kota Sukabumi.

SUKABUMI – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Sukabumi, mencatat produksi sampah saat ini per harinya mencapai 180 ton. Dari jumlah tersebut, sekitar 60 persen diantaranya adalah jenis sampah makanan.

Kepala DLH Kota Sukabumi, Asep Irawan menjelaskan, produksi sampah 180 ton per hari ini dibuang ke Tenpat Pembuangan Akhir (TPA) Cikundul. “Ya, sekitar 60 persen di antaranya sampah makanan.

Bacaan Lainnya

Sementara, kondisi TPA Cikundul saat ini sudah overload dan berbagai upaya dilaksanakan dengan komunitas untuk menghadapinya,” jelas Asep kepada wartawan, belum lama ini.

Lanjut Asep, upaya preventif yang perlu dilakukan yaitu sampah harus dipilah dulu maysarakat agar mengurangi sampah yang dibuang ke TPA. “Termasuk mengurangi sampah makanan yang jumlahnya cukup banyak,” cetusnya.

Kendati demikian, sambung Asep, TPA Cikundul saat ini tengah dibangun kementerian dan usianya bisa bertahan dua tahun ke depan. “Namun, selama dua tahun ini harus ada solusi berikutnya apa yang akan dilakukan karena sampah terus bertambah,” bebernya.

Kali ini, DLH Kota Sukabumi juga menggalakan aksi bersih-bersih sebagai salah satu upaya untuk pemicu bagi masyarakat dalam menjaga lingkungan dan kebersiha. “Belum lama ini kami bersama para relawan melakukan aksi bersih-bersih Jalan Ir Djuanda dan dilanjutkan ke jalan R Syamsudin, dan Jalan Ahmad Yani” imbuhnya.

Kepala DLH Kota Sukabumi, Asep Irawan

Kepala DLH Kota Sukabumi, Asep Irawan

Ia menambahkan, pada tahun ini ada sekitar 300 orang dari 33 komunitas dan sekolah yang mengikuti aksi bersih-bersih. Selain itu ada karnaval edukasi iklim dan edukasi kepada masyarakat. “Harapannya dengan banyak anak muda terlibat meningkatkan kepedulian warga bahwa lingkungan harus dijaga,” tukasnya. (bam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *