Persija Jakarta ke Semifinal

Penyerang anyar Persija Jakarta, Marko Simic, tampil luar biasa saat menghadapi Mitra Kukar pada 8 besar Piala Presiden 2018, Minggu (4/2) sore WIB. Super Simic – julukannya, mengemas brace alias dua gol yang meloloskan Persija ke semifinal. Persija mengalahkan Mitra Kukar dengan skor 3-1 setelah Bambang Pamungkas turut menyumbang satu gol.

Persija membuktikan bahwa musim ini skuad mereka telah berubah. Faktanya, Mitra Kukar yang dalam beberapa pertemuan terakhir sering merepotkan Persija dibuat tak berkutik. Macan Kemayoran – julukan Persija, dominan dalam hal penguasaan bola dan serangan.

Bacaan Lainnya

Macan Kemayoran langsung menggebrak pertahanan Naga Mekes – julukan Mitra Kukar, sejak menit awal. Sejumlah peluang langsung diperoleh Persija lewat Super Simic. Namun, kiper Yoo Jae Hoon tampil cukup apik. Eks penjaga gawang Persipura Jayapura itu beberapa kali menggagalkan peluang Simic.

Diserang terus-terusan, gawang Mitra Kukar akhirnya bobol. Berawal dari lemparan ke dalam dari Rezaldi Hehanusa, bola disundul Novri Setiawan di area penalti Mitra Kukar. Bola mengarah ke Simic dan dengan sigap dia mencocor bola lewat kaki kiri. Bola meluncur dan merobek jala gawang Yoo Jae Hoon. Persija unggul 1-0 pada menit 20.

Gol tersebut membuat Persija makin bersemangat untuk terus menyerang pertahanan Mitra Kukar. Di satu sisi, anak asuh Rafael Berges langsung merespons. Dimotori Septian David, Mitra Kukar sesekali melakukan serangan.

Hanya saja, efektivitas menjadi milik Persija. Pada masa injury time babak pertama, sebuah serangan kilat membuat Yoo Jae Hoon memungut bola dari gawangnya untuk kedua kali. Lagi-lagi Simic yang menodai gawang Mitra Kukar. Dia memanfaatkan umpan dari Ramdani Lestaluhu. Usai mengontrol bola, Simic melepaskan tendangan keras dengan kaki kiri dari luar kotak penalti. Bola pun mengoyak jala gawang Mitra Kukar untuk kedua kalinya dan Persija unggul 2-0. Tak lama berselang, wasit Oki Dwi Putra meniup peluit pertandingan babak pertama berakhir.

Dengan tambahan dua gol, Simic telah mengoleksi 5 gol di Piala Presiden 2018. Jumlah gol yang sama dengan koleksi Stefano Lilipaly (Bali United).

Memasuki babak kedua, Persija masih dominan. Bisa dibilang, Mitra Kukar lebih banyak bertahan dan hanya menyerang lewat serangan balik. Berkali-kali pertahanan Mitra Kukar mendapat tekanan dari para barisan penyerang Persija. Novri Setiawan, Ramdani, Riko, dan Rezaldi memanjakan Super Simic dengan umpan-umpan terukur. Sayang, sejumlah peluang gagal dimanfaatkan oleh penyerang asal Kroasia tersebut.

Pada menit 64, pelatih Persija, Stefani Cugurra “Teco” menarik keluar Rohit dan Riko. Keduanya diganti oleh Fitra Ridwan dan Ivan Carlos. Dengan masuknya Ivan Carlos, jelas Teco ingin timnya bisa menambah keunggulan.

Rafael Berges langsung merespons dengan menurunkan Ahmad Bustomi dan Dedy Hartono pada menit 65. Mitra Kukar berusaha untuk lebih berani menyerang dan pelan tapi pasti keluar dari tekanan. Gol yang dinanti pun tiba.

Sebuah umpan silang dari kanan pertahanan Persija mampu dimanfaatkan Fernando Rodriguez Ortega untuk menjebol gawang Andritany. Gol tercipta pada menit 72 dan membuat kedudukan menjadi 1-2 masih untuk keunggulan Persija. Bagi Fernando Ortega, itu merupakan gol keempatnya di Piala Presiden 2018.

Gol tersebut membuat semangat para pemain Mitra Kukar bangkit. Mereka berusaha terus menekan pertahanan Persija dan semakin percaya diri untuk membongkar pertahanan Macan Kemayoran. Namun, upaya Mitra Kukar selalu gagal.

Di satu sisi, Persija tetap berusaha bermain disiplin dalam bertahan dan sesekali menyerang. Efektif. Persija kembali membobol gawang Mitra Kukar untuk ketiga kalinya. Penyerang veteran Bambang Pamungkas berhasil mencetak gol lewat tendangan kaki kiri pada menit 87 usai menerima umpan terobosan dari Fitra Ridwan. Persija unggul 3-1 berkat gol Bepe.

Keunggulan 3-1 bertahan sampai akhir laga. Tak ada tambahan gol yang tercipta meski Persija mendapat beberapa peluang di sisa pertandingan. Dengan kemenangan tersebut, Persija akan menantang PSMS Medan di semifinal.

Mitra Kukar 1-3 Persija Jakarta
(Fernando Ortega 72 – Simic 20, 45+1, Bambang 87)
SUSUNAN PEMAIN
Mitra Kukar: Yoo Jae Hoon, Dedy Gusmawan, Joko Sidik, Abdul Gamal, Bayu Pradana, M Bahtiar (Bustomi 65), Septian David Maulana (Dedy 65), Anindito Wahyu (Aldino 83), Fernando Rodriguez Ortega, Hendra Bayauw, Rendy Siregar
Pelatih: Rafael Berges

Persija Jakarta: Andritany, Ismed Sofyan, Jaimerson, Rezaldi Hehanuza, Maman Abdurahman, Ramdani Lestaluhu, Rohit Chand (Fitra Ridwan 64), Sandi Sute, Marko Simic, Novri Setiawan, Riko Simanjutak (Ivan Carlos 64 (Bambang Pamungkas 83))
Pelatih: Stefano Cugurra

(epr/JPC)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.