Persebaya vs Persib Bandung, Bukan Lawan Mudah

Persebaya vs Persib Bandung
Persebaya vs Persib Bandung

BANDUNG – Persib Bandung maupun Persebaya Surabaya dipastikan akan mati-matian untuk meraih tiga poin di laga malam nanti. Mengingat, kedua kesebelasan sama-sama meraih hasil imbang di pertandingan pertamanya di Piala Presiden.

Persib yang ditantang Bali United harus puas bermain imbang 1-1 di depan publiknya sendiri. Sementara Persebaya juga bermain 1-1 saat bersua dengan Bhayangkara FC. Laga Persebaya Surabaya melawan Persib Bandung merupakan laga akbar Piala Presiden 2022 yang dinantikan banyak penggemar sepak bola Indonesia.

Bacaan Lainnya

Laga Persebaya vs Persib Bandung akan tersaji di Grup C Piala Presiden 2022 yang akan berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Bandung malam nanti. Persebaya dan Persib tidak diragukan lagi adalah dua tim besar yang bersaing di sepak bola Indonesia, terutama bagi Bonekmania dan Bobotoh.

Kedua tim memiliki jutaan suporter yang sangat militan dan loyal setiap kali Persebaya dan Persib bertanding. Dukungan dan perhatian datang tidak hanya di dalam stadion, tetapi juga di luar stadion. Laga Persebaya melawan Persib tentu akan seru dan panas. Kedua tim sama-sama mengincar kemenangan untuk membuka jalan lolos ke fase grup Piala Presiden 2022.

“Jika melihat target yang kami miliki yaitu menjuarai fase grup, ini menjadi pertandingan yang penting bagi kami. Tim sudah bermain habis-habisan di laga pertama melawan klub bagus lainnya yaitu Bali dan besok (malam nanti) kami akan menghadapi Persebaya. Kami antusias untuk mendapatkan tiga poin pertama pada Piala Presiden tahun ini dan mengamankan satu tiket ke perempatfinal secepatnya,” kata pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, Kamis (16/6).

Bisa dimaklumi bahwa persaingan di grup C sangat ketat dan penuh gengsi. Disebut grup neraka, karena grup C menjadi tuan rumah bagi empat tim yang menempati lima besar tempat terakhir Liga 1 2021-2023.

Selain Persebaya dan Persib, Bali United dan Bhayangkara FC juga berada di Grup C. Kedua tim menjadi juara musim lalu dan berada di urutan ketiga di liga 1. Keempat tim tersebut masing-masing memainkan satu pertandingan di Piala Presiden.

Robert mengungkapkan tidak mudah mendapat poin dalam setiap pertandingan di Grup C. Bahkan saat ini, baik Persib, Persebaya, Bhayangkara FC, serta Bali United memiliki torehan yang sama yakni 1 poin.

Namun Robert mengaku beruntung Persib ditunjuk sebagai tuan rumah Grup C. Dukungan Bobotoh yang memenuhi Stadion GBLA akan menjadi atmosfer yang fantastis dan menyuntik semangat pemain.

“Kalian bisa melihat di grup ini dihuni empat tim yang merupakan lima besar klasemen musim lalu, semua tim juga sama-sama baru mendapatkan satu poin. Jadi bisa dikatakan grup ini sangat seimbang. Hal bagusnya adalah kami bermain di Bandung dan orang-orang bisa bermain di dengan suporter lagi dengan atmosfer yang fantastis,” tuturnya.

Sementara itu, Pelatih Persebaya Aji Santoso mengatakan para pemainnya siap menghadapi laga berat melawan ‘Maung Bandung’. Aji menyatakan, meski bermain sebagai tim tamu, namun di laga besok Persebaya akan menampilkan permainan menyerang demi menggempur pertahanan Persib. Hal serupa juga diprediksi bakal dilakukan Persib kepada Persebaya.

“Permainan Persib dan Persebaya sama menyukai penyerangan dan prediksi saya besok akan terjadi jual-beli serangan. Meskipun main di kandang Persib, kami tidak akan bertahan. Kami akan melakukan penyerangan semampu mungkin jual-beli serangan dengan Persib,” jelasnya.

Di laga sebelumnya, Persebaya bermain imbang 1-1 melawan Bhayangkara FC. Sempat memimpin lewat gol Ahmad Nufiandani pada menit ke-65, kemenangan Persebaya sirna saat pemain Bhayangkara Anderson Salles menyamakan kedudukan pada menit ke-90+6.

Menurut Aji, hasil imbang dengan Bhayangkara disebabkan karena terjadi miskomunikasi di lini pertahanan sehingga membuat Bhayangkara mampu menyamakan skor di menit akhir. Namun kata dia, hal itu telah dievaluasi agar tidak terjadi di laga melawan Persib.

“Memang kemarin kami sudah leading sampai menit 94 cuma kami kebobolan karena terjadi miskomunikasi antarpemain belakang dan penjaga gawang ini yang sudah kami evaluasi tidak boleh terjadi lagi hal itu,” kata Aji. (pra)

Live : Indosiar
Kick off : 20:30 WIB
Stadion : Gelora Bandung Lautan Api

Perkiraan susunan pemain
Persebaya Surabaya (4-3-3)
Andika Ramadhani (PG); Muhammad Salman Alfarid, Leo Lalis, M Zainuri, Alta Ballah; Alwi Slamat, Muhammad Hidayat, Higor Vidal; Silvio Junior, Januar Eka, Sho Yamamoto
Pelatih: Aji Santoso

Persib Bandung (4-3-3)
Fitrul Dwi Rustapa (PG); Henhen Herdiana, Nick Kuipers, Victor Igbonefo, Zalnando; Dedi Kusnandar, Beckham Putra, Ezra Walian; Ciro Alves, Febri Hariyadi, David da Silva
Pelatih: Robert Alberts

Head to head 5 Pertemuan Terakhir
19/03/22 Persebaya Surabaya 1 – 1 Persib Bandung
08/12/21 Persib Bandung 0 – 3 Persebaya Surabaya
18/10/19 Persib Bandung 4 – 1 Persebaya Surabaya
05/07/19 Persebaya Surabaya 4 – 0 Persib Bandung
07/03/19 Persebaya Surabaya 3 – 2 Persib Bandung

5 Laga Terakhir Persebaya
14/03/22 Barito Putera 1 – 1 Persebaya Surabaya
19/03/22 Persebaya Surabaya 1 – 1 Persib Bandung
25/03/22 Bali United 0 – 3 Persebaya Surabaya
30/03/22 Persebaya Surabaya 1 – 2 Borneo FC
13/06/22 Bhayangkara FC 1 – 1 Persebaya Surabaya

5 Laga Terakhir Persib Bandung
13/03/22 Persib Bandung 3 – 2 Madura United
19/03/22 Persebaya Surabaya 1 – 1 Persib Bandung
25/03/22 Persib Bandung 0 – 0 Persik Kediri
31/03/22 Barito Putera 1 – 1 Persib Bandung
12/06/22 Persib Bandung 1 – 1 Bali United

Pos terkait

Tinggalkan Balasan