BERITA UTAMADPMD Kab Sukabumi

Perbaikan Administrasi Balon Kades Ditutup, 13 Oktober Uji Akademik

SUKABUMI –  nanti, seluruh bakal calon kepala desa akan uji akademik. Panitia Pilkades tingkat Kabupaten Sukabumi sudah bekerjasama dengan universitas yang ada di Sukabumi dalam hal pelaksanaan pengujian tersebut.

Kepada Radar Sukabumi, Kepala DPMD Kabupaten Sukabumi, Thendy Hendrayana menyebutkan, saat ini tahapan Pilkades masih dalam tahap administrasi syarat bakal calon. Kamis (4/10) kemarin, perbaikan administrasi para calon dinyatakan ditutup.

“Dilihat dari indeksnya, animo masyarakat dalam perhelatan Pilkades ini cukup tinggi. Dari 240 desa yang melaksanakan Pilkades, ada 1.221 orang yang turut mendaftar,” ujar Thendy kepada Radar Sukabumi, kemarin.

Tahapan Pelaksanaan Pilkades Serentak Tahun 2019

Menurut Thendy, persyaratan administrasi yang diserahkan bakal calon kepada panitia desa, akan dicek kembali oleh panitia kabupaten. Jika dalam pemeriksaan berkas itu ada yang tidak lengkap, maka secara otomatis yang bersangkutan tidak bisa ikut uji akademik.

Loading...

“Kami sudah memberikan tenggang waktu sampai Kamis kemarin. Ini artinya, bila ada persyaratan yang belum lengkap maka yang bersangkutan akan gugur. Tidak ada lagi kesempatan untuk perbaikan, pukul 00.00 WIB Kamis kemarin masa perbaikannya sudah kami tutup,” imbuhnya.

Hasil pemeriksaan sementara panitia, lanjut Thendy, banyak ditemukan ketidaksesuaian antara identitas diri pada KTP dengan ijazah. Namun hasil pemeriksaan itu sudah disampaikan kepada bakal calon yang bersangkutan agar segera diperbaiki.

“Makanya dalam tahapan Pilkades ini kami jadwalkan waktu perbaikan berkas. Ini untuk antisipasi adanya ketidaksinkronan data,” akunya.

Dijelaskan Thendy, dalam pemeriksaan berkas bakal calon Kades ini, selain internal DPMD, pihaknya juga menggandeng beberapa instansi lainnya. Seperti Dinas Pendidikan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta Pengadilan. “Perbupnya sudah mengamanatkan demikian. Makanya pemeriksaan berkas tidak hanya kami saja, instansi terkait lainnya pun kita libatkan,” bebernya.

1 2Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button