Penyebab Rekruitmen Calon Anggota KPU Sukabumi, Cianjur Hingga Depok Diulang, Satu Timsel Kader Parpol !

Ketua Koordinator Divisi SDM dan Litbang KPU RI, Parsadaan Harahap
Ketua Koordinator Divisi SDM dan Litbang KPU RI, Parsadaan Harahap

SUKABUMIRekruitmen Calon Anggota komisioner KPU untuk daerah Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi, Cianjur dan Depok dipastikan diulang.

Hal tersebut menyusul adanya kasus timsel yang terindikasi kader salah satu partai politik (Parpol) yang sebelumnya tercatat sebagai Calon Anggota Legislatif di Daerah Jambi.

Bacaan Lainnya

Ketua Koordinator Divisi SDM dan Litbang KPU RI, Parsadaan Harahap mengatakan, Diulangnya Rekruitmen calon anggota KPU karena ada laporan salah satu Timsel terindikasi dan terbukti anggota Partai Politik dan pernah menjadi Calon Anggota Legislatif (Caleg) di daerah Jambi.

“Sebelumnya dalam mekanisme kemarin, setelah kami rekrut timsel kami minta tanggapan ke Publik, saat itu tidak ada masukan (Timsel Terindikasi Parpol) selama tiga hari kami umumkan, proses berjalan ketika tidak ada laporan dari masyarakat, “jelas Parsadaan Harahap kepada radarsukabumi.com, (29/10/2023).

“Jadi kita kalau mengetahui dari awal ada (timsel terindikasi parpol) kita coret, ini kan diketahui setelah sekian banyak proses berjalan dan menuju 10 besar, yang melaporkan itu dia yang tidak lolos 10 besar. Kayaknya yang melaporkan itu sudah mengetahui dari awal, tapi dia simpan. Mungkin ya dugaan kita seperti itu, tapi itu hanya dugaan, “tambahnya

Menurutnya, setiap laporan masyarakat pasti KPU tindaklanjuti, apalagi laporan tersebut dengan data dan bukti yang kuat. Namun, setelah mengetahui adanya laporan tersebut, KPU langsung menurunkan tim untuk klarifikasi informasi yang beredar tersebut, ternyata benar bahwa yang bersangkutan (anggota Timsel) pernah menjadi Caleg di Jambi.

“Nah karena ada permasalahan, kami berhak koreksi dengan cara mengganti timsel yang bersangkutan. Dari lima, satu yang diganti oleh dosen dari Unpad Dr. Ramadhan Pancasilawan untuk melakukan proses seleksi Rekruitmen dari awal nanti, “terangnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *