Naik KA Siliwangi Wajib Divaksin

  • Whatsapp
Stasion Kereta Api Sukabumi
Stasion Kereta Api Sukabumi

CIKOLE – Kereta Api Siliwangi relasi Sukabumi- Cipatat mulai kembali beroperasi pada Rabu (22/9). Pengoperasian tersebut berbarengan dengan KA lokal di Daop 1 Jakarta yakni (Cikarang-Purwakarta PP), KA Jatiluhur (Cikampek-Cikarang PP).

“Iya kini sudah beroperasi kembali untuk melayani masyarakat yang akan berpergian di wilayah aglomerasi,” ujar Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa.

Bacaan Lainnya

Namun dalam melakukan perjalanan kata Eva terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh pelanggan yakni wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi yang terdapat data vaksin minimal dosis pertama.

“Bukti vaksinasi Covid-19 tersebut akan dicek oleh petugas melalui layar komputer petugas boarding sebelum naik kereta,” jelasnya.

Dijelaskannya, data vaksinasi akan otomatis muncul pada layar komputer petugas boarding, karena KAI telah mengintegrasikan aplikasi Peduli Lindungi dengan sistem boarding dan mewajibkan calon pelanggan menyertakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada saat pembelian atau pemesanan tiket KA Lokal.

“Jika data tidak muncul pada layar komputer petugas, maka pemeriksaan akan dilakukan secara manual dengan menunjukkan kartu vaksin calon pelanggan,” terangnya.

Pengoperasian kembali KA Lokal ini tentunya tetap diikuti dengan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 yang diterapkan salah satunya dengan memberlakukan okupansi hanya 70% dari okupansi yang diizinkan pada saat normalnya sebanyak 150% untuk volume penumpang.

Sementara itu, masyarakat yang ingin menggunakan layanan KA Siliwangi dapat melakukan pemesanan tiket melalui Aplikasi KAI Access H-7 sebelum keberangkatan. Layanan loket di stasiun hanya melayani pembelian tiket KA go show 3 jam sebelum jadwal KA berangkat. “Untuk tiket KA Siliwangi sendiri tarifnya Rp. 5.000,” katanya.

Sementara itu, Kepala Statiun Sukabumi, Deni Herdian Hadi Saputra mengatakan untuk pelayanan tentunya dilakukan sesuai apa yang diamantkan oleh Daop 1 Jakarata. Saat ini pelayanan berjalan dengan lancar.

“Tidak ada penambhan pegawai semua berjalan lancar untuk pelayanan. Untuk perysaratan sesuai yg dijelaskan ibu humas Daop 1,” singkatnya. (bal)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *