Prodi MIA Universitas Muhammadiyah Sukabumi Siap Jawab Kebutuhan Publik

  • Whatsapp
DEGDEGAN: Pihak Prodi MIA UMMI didamping para dosen penguji mengumumkan hasil rekapitulasi nilai akhir dan kelulusan terhadap dua mahasiswanya dalam Yudisium Program Pascasarjana MIA UMMI Tahun Akademik 2021di Lab Prodi S2 MIA UMMI, Senin (15/2/2021).

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Administrasi merupakan salah satu aspek yang strategis dalam membangun kehidupan berbangsa dan bernegara, khususnya yang berkaitan dengan penyelenggaraan urusan publik. Dalam perspektif tersebut tentu saja diperlukan aspek Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul sebagai pelaksananya.

Program Studi (Prodi) Magister Ilmu Administrasi (MIA) Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) senantiasa berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan profesional, terutama dalam bidang administrasi.

MIA sebagai salah satu prodi yang ada di Fakultas Ilmu Administrasi dan Humaniora (FIAH) UMMI, telah terakreditasi B. Tentu saja didukung oleh staf pengajar yang secara kuantitas dan kualitas sangat berkompeten di bidangnya.

Hal itu sesuai dengan Visi Prodi MIA UMMI yaitu menjadi Program Studi Pascasarjana Magister Ilmu Administrasi sebagai pusat sumber daya manusia yang unggul di bidang administrasi berlandaskan iman dan takwa tahun 2022.

Ketua Prodi MIA UMMI Erry Sunarya menyatakan bahwa keberadaan program pascasarjana ini merupakan jawaban dari pihak kampus untuk berpartisipasi dalam dunia pendidikan di Sukabumi.

“Insya Allah dengan keberadaan program pascasarjana ini nantinya dapat meningkatkan kualitas masyarakat Sukabumi, kreatif, terampil dan berdaya saing baik di dalam maupun di luar negeri, juga berpartisipasi dalam pembangunan khususnya pembangunan di daerah,” tutur Ketua Prodi MIA UMMI Erry Sunarya yang ditemui Radar Sukabumi usai Ujian Sidang Tesis Program Pascasarjana Prodi MIA UMMI Tahun Akademik 2020/2021-2, Senin (15/2/2021).

Walaupun keberadaan pascasarjana yang baru berdiri beberapa tahun terakhir itu, namun sudah banyak yang bisa diperbuat Prodi MIA UMMI untuk kemajuan Sukabumi.

“Salah satu yang sudah bisa kami kerjakan adalah kerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi dalam hal survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) di bulan Desember 2020 yang lalu,” jelas Erry.

BANGGA: Ketua Prodi MIA UMMI Erry Sunarya menyerahkan rekapitulasi nilai akhir dan kelulusan Sidang Tesis Program Pascasarjana Magister Ilmu Administrasi UMMI Tahun Akademik 2021 kepada mahasiswanya yang juga Redpel Radar Sukabumi, Sri Sumarni dengan IPK 3,94 di Lab Prodi S2 MIA UMMI, Senin (15/2/2021). (Ist)

 

Guna mendukung lulusan yang berkualitas, Fakultas Ilmu Administrasi dan Humaniora UMMI sudah mempunyai laboratorium administrasi publik sendiri.

“Dengan keberadaan laboratorium administrasi publik ini tentu akan sangat berguna dalam membekali mahasiswa dalam keikut sertanya membangun Sukabumi yang lebih baik,” tegas Erry.

Lantas apa target ke depan yang akan dilakukannya? Erry menegaskan bahwa target ke depan, Prodi MIA UMMI ini tidak lain adalah hal yang berkaitan dengan pengabdian masyarakat khususnya di Sukabumi.

Untuk itu, guna meningkatkan lulusan Program Pascasarjana Prodi MIA UMMI telah melaksanakan study comparative ke Malaysia dan Singapura yang dilaksanakan pada bulan Maret 2020 yang lalu.

“Benar pada bulan Maret 2020 yang lalu kami telah melaksanakan study comparative ke Malaysia dan Singapura yang diikuti oleh delapan mahasiswa program pascasarjana dan tujuh Dosen MIA UMMI,” ungkapnya.

Selain itu, Prodi MIA UMMI sudah menjalin kerjasama internasional dengan Asia Metropolitan University Johor Bahru Malaysia yang meliputi Publikasi Ilmiah Internasional, Lecture Exchange, dan Joint Research.

Semua itu tidak lain untuk mencapai tujuan mulia dari keberadaan Program Pascasarjana Prodi MIA UMMI, yaitu
menghasilkan lulusan yang berkualitas, kreatif, terampil dan berdaya bersaing, baik di dalam maupun di luar negeri, serta berperan dalam pembangunan daerah dan pembangunan nasional.

Perlu diketahui, sampai saat ini Prodi MIA UMMI sudah meluluskan mahasiswanya sebanyak 12 orang. Termasuk salah satunya Redaktur Pelaksana (Redpel) Radar Sukabumi, Sri Sumarni. Pada Senin (15/2) yang lalu, Sri telah menyelesaikan sidang tesis dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,94.

Sementara itu, Redpel Radar Sukabumi Sri Sumarni mengaku senang dan bangga telah menyelesaikan studinya di Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI).

“Alhamdulillah sudah menyelesaikan studi pascasarjana di MIA UMMI dengan hasil yang cukup tinggi dari sisi IPK 3,94 di mana Angka Mutu (AM) 84,408 dan Huruf Mutu (HM), A.

Kedepannya insya Allah ilmu ini akan membawa manfaat, dan tidak lupa saya mengajak kepada masyarakat Sukabumi untuk tidak ragu dalam menimba ilmu di UMMI,” tandas perempuan yang akan melanjutkan program S3 itu. (sri)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *