Mewaspadai Klaster Baru Baju Lebaran di Kota Sukabumi

  • Whatsapp

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com — Menjelang Hari Raya Idul Fitri 2021, masyarakat memburu sejumlah pusat perbelanjaan untuk membeli segala keperluan seperti baju baru. Hal ini, seperti yang terjadi di pusat perbelanjaan Jalan A Yani, Kota Sukabumi.

 

Dari pantauan Radar Sukabumi, sejak pukul 8.00 WIB, masyarakat sudah mulai memadati sejumlah toko pakaian dan toko modern salah satunya pusat perbelanjaan Citimall. Sebelum masuk, pengunjung diberikan himbauan petugas dari Polres Sukabumi Kota agar menerapkan protokol kesehatan seperti, menggunakan masker, mencuci tangan menggunakan hand sanitizer dan menjaga jarak.

 

Salah seorang pengunjung asal warga Kelurahan Cikundul, Rina Herlina (30) mengaku sengaja dari jauh hari berbelanja baju baru untuk keluarganya. “Ya, karena kalau sudah mendekati lebaran udah pasti pengunjung sangat padat sehingga kami menyiasatinya berbelanja dari jauh hari,” ungkap Rina kepada Radar Sukabumi, Senin (3/4).

 

Disinggung soal protokol kesehatan (Prokes), Rina mengatakan, selalu menerapkan Prokes khususnya menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. “Apalagi, kalau kondisi padat seperti ini saya menggunakan masker meskipun sulit untuk jaga jarak. Mudah-mudahan Covid-19 segera selesai agar aktivitas kembali normal,” ujarnya.

 

Sementara itu, Manager Citimall Irwansyah mengatakan, sejak beberapa hari terakhir pengunjung mengalami peningkatan hingga 50 persen jika dibandingkan dengan bulan biasanya. “Lumayan ada peningkatan. Jika dibandingkan sebelum bulan puasa naik sekitar 50 persen dan apabila dibandingkan tahun lalu sekitar 70 persen,” ucapnya.

 

Menurutnya, hingga saat ini Prokes masih tetap berjalan, dibantu himbauan dari Bimaspol Polres Sukabumi Kota. “Prokes masih tetap berjalan seperti biasa, mewajibkan semua pengunjung menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Kami juga tambahkan paging system untuk area mall sebagai himbauan prokes juga,” cetusnya.

 

Sedangkan, sambung Irwansyah, kapasitas mall hingga saat ini masih menampung sehingga belum ada pembatasan pengunjung. “Area Matahari dan Superindo yang sudah dibatasi jumlah pengunjungnya,” imbuhnya.

 

Menanggapi hal itu, Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Sumarni menambahkan, saat ini Polres sudah menempatkan petugas di pusat perbelanjaan untuk mengingatkan masyarakat pentingnya disiplin Prokes 5M.

“Selain itu, petugas juga menyampaikan agar pengunjung jangan terlalu lama di keramaian dan harus segera pulang, jangan sampai kejadian di negara lain terjadi di wilayah kita. Berkoordinasi dengan pengelola pusat perbelanjaan untuk mengatur kapasitas warga yang boleh masuk untuk mengurangi kerumunan warga,” pungkasnya. (bam)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *