Menko Airlangga Apresiasi Terobosan Kalsel, Bantu Isoman Covid-19 dengan Hasil Panen Petani

Airlangga
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko) Airlangga Hartarto saat ikut memanen hasil pertanian berupa cabai tumpang sari dan melon dengan para petani tergabung dalam Kelompok Tani Ngudi Rahayu dari Kelurahan Syamsudin Noor, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru

BANJARBARU — Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko) Airlangga Hartarto mengatakan selama pandemi tahun 2020-2021, sektor pertanian tercatat mampu bertahan dan tumbuh positif. Produk Domestik Bruto (PDB) sektor pertanian pada tahun 2020 tercatat sebesar 1,75% dan pada Triwulan I tahun 2021 sebesar 2,95%.

Dalam rangkaian kunjungannya di Provinsi Kalimantan Selatan, Jumat (20/8), Menko Airlangga meninjau pertanian komoditas tanaman hortikultura dan menyempatkan diri untuk berdialog dengan para petani.

Bacaan Lainnya

Menko Airlangga juga ikut memanen hasil pertanian berupa cabai tumpang sari dan melon dengan para petani tergabung dalam Kelompok Tani Ngudi Rahayu dari Kelurahan Syamsudin Noor, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru dengan jumlah anggota sebanyak 30 orang dan luas lahan tanaman sebesar 28 Ha.

BACA JUGA : Menko Airlangga : Sentra Vaksinasi Harus Disiplin Terapkan Prokes

Semua hasil panen dari petani ini dibeli oleh Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan dengan harga di atas harga pasar untuk membantu pemasaran hasil panen para petani, terutama dalam masa pandemi Covid-19.

Hasil panen yang telah dibeli Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalimantan Selatan tersebut didistribusikan ke masyarakat yang tengah menjalani Isolasi Mandiri (Isoman) Covid-19. “Saya sangat mengapresiasi Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalimantan Selatan karena tanggap dan betul-betul hadir membantu petani. Apalagi, hasil panennya pun disumbangkan kepada masyarakat yang sedang Isoman, yang sedang berjuang untuk pulih dan membutuhkan asupan gizi yang cukup,” terang Menko Airlangga.

Menko Airlangga pun terus mendorong agar penguatan ketahanan pangan dan peningkatan kesejahteraan petani menjadi salah satu perhatian utama Pemerintah Daerah setempat. Juga ditegaskan bahwa sektor pertanian merupakan salah satu sektor esensial untuk menjaga bangsa dan negara.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.