Maklumat! Masjid Agung Kota Sukabumi Tidak Laksanakan Salat Jumat

  • Whatsapp
Jamaah salat Jumat Masjid Agung Sukabumi mengenakan masker sebagai standar pencegahan COVID-19 (foto: Fawzy/radarsukabumi)

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Dewan Kemakmuran Masjid Agung Kota Sukabumi akhirnya mengumumkan maklumat terkait pelaksanaan ibadah salat Jumat berjamaah besok (27/3/2020) demi mencegah penyebaran virus corona atau covid-19. Hasil rapat koordinasi oleh MUI Kota Sukabumi, Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, Polres Sukabumi Kota dan unsur terkait lainnya disepakati bahwa pelaksanaan salat Jumat berjamaah besok ditidakan untuk sementara waktu.

“Jadi berdasarkan hasil rapat, dengan memperhatikan protap kesehatan dan sebagainya, untuk besok tidak dilaksanakan Salat Jumat di Masjid Agung Kota Sukabumi untuk menghindari penyebaran corona,” kata Ketua Bidang Imaroh DKM Masjid Agung Kota Sukabumi, Cecep Mansyur kepada Radarsukabumi.com, Kamis (26/3/2020).

Read More

Cecep mengatakan maklumat ini sementara hanya diberlakukan untuk Masjid Agung Kota Sukabumi dulu. Sehingga pihak DKM mengimbau kepada warga agar dapat melaksanakan salat Jumat di masjid-masjid lainnya.

“Hanya di Masjid Agung dulu, jadi silakan salat di masjid lainnya. Untuk masjid lainnya hari Senin akan dibahas,” ujar Cecep.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, Wahyu Handriana mengatakan, pihaknya mengimbau terkait pencegahan penularan covid-19 di tempat ibadah khususnya terkait salat Jumat agar mengikuti protokol kesehatan.

“Yaitu menggulung karpet., memilah jemaah yang sakit untuk salat di rumah saja dan menyiapkan sabun atau hand sanitizer di depan mesjid,” ujar Wahyu.

“Terkait peniadaan salat Jumat di Masjid Agung Kota Sukabumi dikhawatirkan menjadi penularan covid-19 karena jemaah Masjid Agung bisa dari luar kota disarankan untuk menghentikan salat Jumat di Masjid Agung demi kemaslahatan jamaah,” pungkasnya. (izo/rs)

Related posts

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *