BERITA UTAMAKABUPATEN SUKABUMI

Lubang Raksasa Muncul di Kadudampit, Diameter Makin Besar

Akibatnya, tanah di area pesawahan itu mengalami longsor lalu membentuk lubang raksasa. “Itu biasa ada yang longsor, kayak kejadian longsor membentuk lubang yang dulu pernah terjadi juga di sini. Lubang ini lokasinya dekat dengan lokasi lubang yang dulu,” kata Jenal.

Selain itu, diketahui bahwa di sekitaran area pesawahan tersebut, di bawah tanahnya terdapat goa bekas peninggalan zaman dahulu. Namun, saat ini goa tersebut sudah menjadi saluran air.

“Karena terkikis air, tanah di permukaan ambles dan turun ke bawah,” ungkapnya.

Ia mengimbau, kepada masyarakat sekitaran agar tetap berhati-hati dan waspada, mengingat kondisi cuaca ekstrem yang terjadi saat ini serta curah hujan yang tinggi berpotensi dapat terjadi banjir dan longsor.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan pihak PLN untuk mengalihkan tiang listrik yang tergerus longsor agar segera dipindahkan ke tempat yang lebih aman.

Selain itu, kami juga akan diskusi dengan warga setempat untuk mencari solusi bagai mana baiknya terkait dengan jalan lingkungan yang terancam tergerus lubang tersebut,” cetusnya.

Pejabat Pungsional Perekayasa Utama Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Eddi Mulyadi menjelaskan, kejadian tersebut merupakan fenomenal alam yang mana akibat adanya sungai di bawah tanah sehingga air terus mengikis hingga permukaan ambles dan membentuk lubang besar.

“Memang di lokasi ini terdapat sungai bawah tanah. Tadinya sungai biasa tapi waktu jaman purba ada kegiatan gunung api sehingga materialnya menutup sungai tersebut.

Jika melihat kondisi seperti ini, diharapkan masyarakat berdekatan dengan lokasi ini bisa meningkatkan kewaspadaanya karena kemungkinan bisa semakin meluas,” singkatnya. (bam/t)

Laman sebelumnya 1 2 3
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button